Hukrim  

Polda NTT Terjunkan 1.660 Anggota untuk Pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Persiapan pasukan pengamanan ini, ditandai dengan apel gelar pasukan operasi Komodo Turangga di Mapolda NTT, Sabtu 29 April 2023.

Kapolda NTT memeriksa seluruh kendaraan dan fasilitas Polri yang akan dibawa ke Labuan Bajo, dalam rangka pengamanan. (Foto: Dok. Humas Polda NTT)

Kupang, KN – Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) menerjunkan sebanyak 1.660 anggota untuk pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo.

Persiapan pasukan pengamanan ini, ditandai dengan apel gelar pasukan operasi Komodo Turangga di Mapolda NTT, Sabtu 29 April 2023.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma selaku Wakaops Komodo 2023 dalam arahannya mengatakan, KTT ASEAN akan diikuti 10 negara anggota ASEAN dan negara Timor Leste sebagai calon anggota baru.

Menurutnya, akan ada ribuan tamu hadir dari dalam dan luar negeri, termasuk anggota TNI dan Polri yang melakukan pengamanan.

“Ada ribuan peserta dan aparat keamanan yakni Polri secara keseluruhan 2.267 dan ribuan anggota TNI  sehingga semua penginapan, home stay, kost sudah penuh. Rumah kosong pun dikontrakkan, karena Labuan bajo menjadi salah satu destinasi wisata super prioritas dan harus menjadi tuan rumah yang baik,” ujar Irjen Pol Drs. Johni Asadoma dilansir dari Tribratanewsntt.com.

Ia menjelaskan, pengiriman 1.660 anggota dari Polda NTT merupakan bentuk kesiapan Polri, dalam mendukung pengamanan KTT Asean agar mampu menghadapi berbagai macam ancaman yang terjadi. 

BACA JUGA:  Polda NTT Limpahkan Berkas IU, Abdul Hakim: Masih Kurang, Kita Kembalikan

“Hindari tindakan yang tidak simpatik serta arogan, jaga kesatuan dan persatuan. Perilaku harus mencerminkan sebagai pelindung dan pengayom masyarakat,” ujar mantan Kadiv Hubinter Polri ini.

“Jika ada kendala, jangan emosi dan selesaikan masalah dengan baik. Utamakan cara humanis tapi tegas jika ada gangguan serius,” pungkas Kapolda NTT.

Selanjutnya dalam rangka pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo, selama 8 hari ke depan, Polda NTT akan melakukan operasi Komodo Turangga 2023 dari 6 hingga 13 Mei 2023.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda NTT memeriksa seluruh kendaraan dan fasilitas Polri yang akan dibawa ke Labuan Bajo dalam rangka pengamanan KTT ASEAN. (TN-NTT/KN)