Bisnis  

Bank NTT Luncurkan Pembayaran Pajak Online di Kabupaten Manggarai

Warga Manggarai Kini Bisa Bayar Pajak Secara Online Lewat Kanal Digital Bank NTT

Bupati Manggarai Hery Nabit didampingi Dirut Bank NTT Alex Riwu Kaho menggelar simulasi pembayaran pajak secara online di Kantor Bupati Manggarai. (Foto: Yhono Hande)

Ruteng, KN – PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Timur (NTT) meluncurkan pembayaran pajak daerah secara online di Kabupaten Manggarai, Senin 29 Agustus 2022.

Launching pembayaran pajak secara online di Kantor Bupati Manggarai ini, ditandai dengan simulasi penyetoran pajak oleh Bupati Manggarai, Herybertus G. L Nabit.

Bupati Hery yang didampingi oleh Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho, akhirnya berhasil menyetor pajak, bertanda pembayaran pajak di Manggarai bisa dilakukan secara online.

Launching dan simulasi ini disaksikan oleh Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, Staf Khusus Gubernur NTT Pius Rengka, Kadis Pertanian Provinsi NTT Lecky Koli, Pemimpin Cabang Bank NTT Ruteng Jemmi Romi D. Radjalangu, para pimpinan OPD, para Camat se-Kabupaten Manggarai, serta pejabat Bank NTT Cabang Ruteng.

Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho mengatakan pembayaran pajak secara online bertujuan untuk menopang kelancaran pembayaran pajak di seluruh wilayah NTT.

Menurutnya, pembayaran pajak yang bisa dilayani melalui kanal pembayaran digital Bank NTT adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), 9 pajak daerah lainnya, serta Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Dengan program pembayaran pajak secara online ini, maka Bank NTT telah ikut serta membangun Kabupaten Manggarai melalui fasilitas-fasilitas digital yang dimiliki.

“Ini merupakan kewajiban Bank NTT ikut membangun Kabupaten Manggarai, Kabupaten/Kota se-Nusa Tenggara Timur dan juga Indonesia,” kata Alex Riwu Kaho kepada wartawan.

Nantinya pembayaran pajak secara online bisa dilakukan melalui Teller di Kantor Bank NTT, ATM Bank NTT, Mobile Banking, serta kanal digital Bank NTT lainnya yakni EDC, dan B’Pung Mobile Bank NTT.

“Kami mempermudah jangkauan masyarakat, dengan menyediakan layanan pembayaran pajak secara online,” tegasnya.

Dirut Bank NTT menambahkan, selain mempermudah pembayaran pajak dengan sistem online, Bank NTT dan Pemkab juga sukses menunjukan bahwa pengelolaan keuangan daerah berupa pajak bisa dilaksanakan secara transparan.

BACA JUGA:  Bank NTT Sosialisasi Skim Kredit dan Dana Kepada Jemaat GMIT Kota Kupang

“Ini merupakan wujud untuk mensukseskan transparansi pengelolaan keuangan daerah,” tutup Alex Riwu Kaho.

Sementara itu, Bupati Manggarai Hery Nabit dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bank NTT, karena telah membuka ruang untuk bekerjasama khususnya dalam melayani pembayaran pajak secara online.

Kerja sama ini merupakan peluang bagi pemerintah untuk membangun Kabupaten Manggarai dengan berbagai cara, bersama berbagai pihak yang memiliki kepedulian terhadap Manggarai.

“Soal bayar membayar bukan hal baru, tapi melalui program ini, kita belajar membuka wawasan untuk bekerjasama dengan banyak pihak. Mereka (Bank NTT) datang membantu membangun Manggarai dengan cara dan sarananya sendiri,” kata Hery Nabit.

Menurut Hery Nabit, kerja sama seperti ini, tidak menutup kemungkinan atau mengunci pintu bagi pihak lain untuk ikut berkontribusi membangun Manggarai.

“Kenapa pembayaran pajak secara online ini harus melalui Bank NTT, karena memang dari awal Pemda Manggarai bersama Bank NTT sudah membangun sistem ini. Tapi tidak berarti bahwa kerjasama seperti ini menutup atau membatasi pihak lain,” tandasnya.

Bupati Hery berharap melalui sistem ini, PAD Kabupaten Manggarai dapat meningkat, serta ekonomi masyarakat Manggarai lebih efisien, baik itu dari sisi keuangan maupun dari sisi waktu.

Untuk diketahui, 9 Pajak Daerah yang bisa dibayar melalui kanal pembayaran online milik Bank NTT adalah: Pajak Hotel, Pajak Restaurant, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan, Pajak Parkir, Pajak Air Tanah, dan Pajak Sarang Burung Walet. (*)