Ketua Pertina NTT Lepas 12 Atlet Tinju ke Ajang Pra PON 2023 Makasar

Ketua Pertina NTT Samuel Haning (baju hitam) foto bersama para pelatih, manajer dan atlet tinju yang akan mewakili NTT ke ajang Pra PON 2023 Makasar. (Foto: Ama Beding)

Kupang, KN – Ketua Pertina NTT Dr. Semuel Haning, SH, MH, melepas 12 atlet, manajer dan pelatih cabang olahraga tinju untuk bertanding di Pra PON Makasar, Sulawesi Selatan.

Total perwakilan NTT untuk cabang olahraga tinju di ajang Pra PON 2023 berjumlah 17 orang, yang terdiri dari 12  petinju, 1 manajer, dan 4 pelatih.

Kegiatan pelepasan atlet, manajer dan pelatih cabang olahraga tinju untuk bertanding di GOR Spor Hall Makasar ini, berlangsung di Sasando International Hotel Kupang, Rabu 19 Juli 2023.

Ketua Pertina NTT Dr. Semuel Haning, SH., MH, mengatakan, Pertina NTT tidak memberikan target khusus kepada para atlet, manajer, dan pelatih.

Namun ia berharap para atlet bisa memberikan yang terbaik, sehingga mereka bisa mengharumkan nama NTT di ajang PON 2024 di Aceh dan Medan.

“Pada intinya target kita itu adalah PON 2024 di Aceh dan Medan. Saya percaya, manajer dan pelatih bisa menangani para atlet ini sesuai harapan,” ujar Semuel Haning kepada wartawan usai pelepasan para atlet.

Semuel juga menegaskan, dirinya ingin agar para atlet yang mewakili NTT dalam Pra PON 2023, sebanyak-banyaknya bisa lolos babak kualifikasi.

“Sehingga mereka bisa mengikuti ajang Pra PON tahap II di Kota Kupang pada bulan Oktober 2023 mendatang,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk bisa berpartisipasi di ajang Pra PON 2023, Pertina NTT mendapat dukungan dari pemerintah Provinsi NTT dan KONI. Karena itu, Ketua Pertina NTT Samuel Haning berharap KONI terus memberikan dukungan terhadap tinju dan cabang olahraha lainnya.

“Kita berharap bahwa KONI jangan berhenti memberikan dukungan biaya terhadap pengembangan prestasi. Bukan hanya tinju saja, tetapi semua cabang olahraga yang menjadi prioritas pemerintah Provinsi NTT,” tandasnya.

BACA JUGA:  Kemkominfo Kembali Gelar Literasi Digital bagi Generasi Milenial di Ruteng

Pelatih atlet tinju Pra PON Hermensen Ballo menyampaikan, para atlet yang mewakili NTT adalah anak-anak NTT dari berbagai Kabupaten/Kota, yang lolos seleksi untuk mewakili NTT ke Pra PON Makasar.

“Kita persiapan 1 bulan. Sebelumnya, mereka juga sudah persiapan di daerah masing-masing. Kita berusaha untuk sebanyak-banyaknya lolos ke PON,” ungkap Hermensen Ballo.

Ia menambahkan, atlet dari NTT merupakan atlet terbaik yang diseleksi dari ajang Porprov, Kejurda, kejuaraan olahraga lainnya, serta seleksi terakhir yang dilaksanakan di kampus UPG 1945 Kupang.

“Mereka sudah siap bertanding. Doakan kita supaya kita pulang, bawa hasil yang terbaik,” pungkasnya.

Manajer atlet tinju Pra PON Elisabeth Waluwandja menyampaikan nama-nama petinju putra yang mewakili NTT antara lain; Mario Blasius Kali, Flanuari Yerikho Daud, Libertus Gha, Mardianus Frederikus Bulu, Emanuel Christo Mau Bere, dan Eriel Elloy Frans.

“Petinju putri Pra PON 2023 antara lain; Anggelina Niis, Lomiana Nyanyi, Yudit Elisabet Maunino, Dominika Asnat Bayo, Grensia Beliti Boleng, dan Rahel Ketimba,” ucap Elisabeth.

Selain para atlet, manajer dan 4 orang pelatih yakni Hermensen Ballo, Nelson Oil, Denisius Agustinus Hiltarihun dan Beatus Armindo Neolaka juga ikut serta mendampingi para atlet bertanding di ajang Pra PON Makasar.

Dengan pelepasan yang dilaksanakan hari ini, maka para atlet dipastikan akan berangkat ke Makasar besok, Kamis 20 Juli 2023 untuk berpartisipasi dalam ajang Pra PON dari tanggal 21 sampai 30 Juli 2023. (*)

error: Content is protected !!