Akhir Tahun, Saat Yang Tepat Untuk Evaluasi Keuangan Anda!

Ilustrasi (Foto: Finansialku)

Jakarta, KN – Sebagian besar orang tidak menyadari pentingnya melakukan evaluasi keuangan. Padahal, evaluasi keuangan menjadi sebuah momen yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui gambaran kondisi keuangan selama setahun terakhir.

Evaluasi rencana keuangan memiliki beberapa keuntungan, seperti membantu Anda mengetahui posisi keuangan Anda.

Selain itu, evaluasi juga dapat membantu Anda menentukan pilihan keuangan, pilihan investasi, tambahan aset hingga pilihan perlindungan seperti asuransi.

Dilansir dari Finansialku.com, hal – hal yang dapat dievaluasi secara pribadi tanpa bantuan profesional adalah sebagai berikut:

Evaluasi arus kas atau cashflow

Mengevaluasi arus kas bisa dimulai dengan pertanyaan apakah Anda merasa kesulitan mendapatkan uang tunai? Atau arus kas Anda cukup baik, tetapi investasi Anda tidak bertambah?

Melakukan evaluasi dengan cara ini dapat membantu Anda mengetahui pos pengeluaran mana yang tidak diperlukan. Selain itu, dengan mengevaluasi arus kas, Anda dapat memilih strategi penggunaan arus kas dengan lebih baik.

BACA JUGA:  Fraksi PAN Minta Pemprov NTT Jaga Stabilitas Harga Sembako Jelang Nataru

Evaluasi utang

Mengevaluasi utang dapat dilakukan dengan melihat batas normal rasio utang. Batas normal rasio ini adalah 0,35 atau 35%, jika melebihi angka tersebut, maka utang Anda dalam kondisi berbahaya. Angka 35% menunjukkan bahwa pembayaran utang mengambil 35% dari total pendapatan Anda.

Evaluasi penghasilan

Mengevaluasi penghasilan menjadi penting karena hal tersebut yang membiayai kehidupan kita sehari – hari. Anda harus memastikan apakah penghasilan Anda cukup untuk membiayai seluruh kebutuhan.

Jika penghasilan pokok Anda masih belum dapat memenuhi kebutuhan, adakah cara lain di tahun 2021 yang dapat Anda lakukan untuk menambah penghasilan tersebut?
Dengan melakukan ketiga langkah yang telah dipaparkan sebelumnya, Anda dapat dengan mudah menentukan keputusan untuk keuangan Anda di tahun yang baru. (Regine Deanaendra)