Pj Gubernur NTT Dorong Wisudawan UCB untuk Bisa Bersaing di Tingkat Global

Pj Gubernur NTT menyampaikan sambutan dalam acara wisuda Universitas Citra Bangsa. (Foto: Ama Beding)

Kupang, KN – Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake menghadiri acara wisuda Universitas Citra Bangsa (UCB) di Harper Hotel Kupang, Jumat 8 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur NTT mengatakan, Universitas Citra Bangsa Kupang sebagai salah satu lembaga pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus dapat menunjukkan eksistensinya, sebagai salah satu instrumen pembangunan nasional dan regional.

Karena itu, UCB harus turut memberikan kontribusi dalam membentuk manusia yang berkualitas, professional, berintegritas serta memiliki disiplin yang tinggi, guna mentransformasikan potensi sumber daya secara optimal dan bijaksana.

“Hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah, dimana wisudawan/wisudawati sekalian resmi menyandang gelar akademik dibelakang nama kalian. Di pundak wisudawan/wisudawatilah tanggung jawab akan masa depan bangsa dan negara ini berada,” ungkap Ayodhia Kalake.

Ayodhia mengingatkan bahwa, dengan dikukuhkannya wisudawan/wisudawati pada hari ini, bukan merupakan akhir dari suatu perjuangan. Tetapi, hal ini merupakan awal dari suatu perjalanan panjang dalam mengikuti dan mengaplikasikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Ini menjadikan tugas dan tanggung jawab yang dipikul akan semakin besar dan berat. Untuk itu dengan komitmen yang tinggi, jagalah kepercayaan yang diberikan dalam pola hidup dan tingkah laku di masyarakat,” ucap Ayodhia Kalake.

Pj Gubernur NTT menyampaikan Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan sebuah provinsi yang serba plural dan majemuk. Kemajemukan ini tidak hanya terlihat dari segi etnis, suku bahasa dan adat istiadat tetapi juga agama.

Salah satu masalah umum yang dihadapi Provinsi Nusa Tenggara Timur, dalam melaksanakan pembangunan termasuk pembangunan di bidang agama, adalah terbatasnya tenaga dan masih rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia.

BACA JUGA:  Gelar Audiensi, Ketua PGRI NTT Dengar Langsung Keluh Kesah Guru SMK Negeri 5 Kupang

Sementara yang terjadi saat ini adalah kemajuan dan kompleksitas perubahan, menuntut adanya Sumber Daya Manusia yang bermutu, terutama kualitas spiritual guna membentuk manusia berakhlak mulia dan berkarakter unggul, yang mampu menangkal berbagai dampak negatif dari globalisasi yang tidak bisa dihindari.

Sejarah juga telah membuktikan, bahwa banyak peradaban dan bangsa-bangsa di dunia yang hancur, akibat rusaknya akhlak mulia dari para pemimpin dan masyarakatnya.

“Saya turut berbangga dan berterima kasih kepada Universitas Citra Bangsa, karena pada hari ini melepas outputnya dengan sangat percaya diri, bisa eksis, bisa bersaing dan bisa mandiri,” ungkapnya.

Ayodhia berharap agar di masa mendatang, Universitas Citra Bangsa Kupang semakin berjaya, semakin unggul dalam mencetak ilmuwan yang handal dan profesional.

Ia juga berharap agar para wisudawan dapat terus menjaga nama baik almamater, kapanpun dan dimanapun saudara-saudara berada.

“Sebagai manusia yang baru di era milenial ini, para alumni UCB Kupang harus siap bersaing, tidak hanya di tingkat lokal tetapi juga dalam persaingan secara global dan memiliki kecakapan intelektual, profesionalisme dan spiritualisme,” tegas Ayodhia Kalake.

Di akhir sambutannya, putra Adonara ini mengajak seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur, untuk mempererat tali persaudaraan untuk terus bekerja lebih cerdas dan lebih keras lagi, memajukan Nusa Tenggara Timur, dalam semangat NTT Maju dan Sejahtera. (*)