Listrik Masuk Desa, Bupati Hery Harap Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Pendidikan

Kegiatan peresmian listrik dihadiri oleh perwakilan masyarakat dari 5 desa yang diberi listrik, yakni Desa Bere, Desa Wae Codi, Desa Latung, Des We Renca, dan Desa Golo Lanak, pada Jumat, 10 November 2023. (Foto: Yhono Hande)

Ruteng, KN – PT PLN (Persero) kembali mengaliri listriknya ke sejumlah desa di Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan peresmian listrik dihadiri oleh perwakilan masyarakat dari 5 desa yang diberi listrik, yakni Desa Bere, Desa Wae Codi, Desa Latung, Des We Renca, dan Desa Golo Lanak, pada Jumat, 10 November 2023.

Bupati Manggarai, Herybertus Nabit, yang juga hadir dalam peresmian tersebut mengungkapkan rasa senangnya melihat warga desa yang antusias dalam menyambut listik. Ia juga mengapresiasi PLN atas perhatian dan kepeduliannya kepada 5 desa di Kabupaten Manggarai.

Hingga saat ini, Herybertus Nabit mengatakan desa dan kelurahan di Kabupaten Manggarai sudah teraliri listrik secara menyeluruh.

“Untuk desa dan kelurahan sudah selesai, tetapi masih ada beberapa dusun dan kampung yang memang belum teraliri listrik. Diminta agar semua masyarakat bisa dengan bijak menunggu,” ucap Herybertus Nabit.

Hadirnya listrik di 5 desa ini, kata Herybertus Nabit, dapat menjadi penopang aktivitas perekonomian dan pendidikan di Kabupaten Manggarai. Namun, ia tetap mengingatkan masyarakat agar menghemat pemakaian listrik dan selalu meminta bantuan petugas kompeten dalam pemasangan instalasi listrik.

Tidak hanya itu orang nomor satu di Manggarai itu juga menegaskan jika yang yang paling penting dengan kehadiran listrik tersebut adalah anak-anak bisa belajar malam.

“Kita juga berharap ada juga kegiatan – kegiatan ekonomi yang lebih panjang dalam satu hari. Artinya kegiatan ekonomi tidak hanya di siang dan sore hari ketika matahari terbenam tetapi sampai malam juga bisa, misalnya ibu yang bisa usaha menenun di malam hari karena listrik masih menyala. Jadi saya kira dari sisi ekonomi tentunya sangat membantu,” ujarnya.

BACA JUGA:  Bank NTT Ruteng Sudah Salurkan Kredit Merdeka Rp1,3 Miliar Kepada 302 Debitur

Ia menambahkan, meski di sisi lain masih banyak kebutuhan lain tapi yang paling penting adalah modal utama listrik.

“Mudah-mudahan Pemkab Manggarai nanti ada jalan yang bisa dilakukannya nanti. Oleh karena itu mewakili masyarakat Manggarai mengucapkan terimakasih banyak kepada pihak PLN semoga kedepan akan terus berkiprah dan makin menjangkau setiap sudut-sudut negara ini,” tandasnya.

Senada disampaikan Ketua DPR kabupaten Manggarai Matias Masir mengucapkan terimakasih kepada Pemda Manggarai dan PLN yang telah menjawab tangisan masyarakat.

“Selama ini kerinduan masyarakat Cibal terlebih desa-desa yang belum dapat terang sehingga hari ini bisa memperoleh dan menikmati listrik,” kata Matias.

Karena itu kepada penerima manfaat, pihaknya berharap agar manfaatkan listrik tersebut dengan baik.

“Hematlah atau bagaimana kita mendayagunakan listrik ini ke hal-hal yang menguntungkan rumah tangga lebih khusus di 5 desa ini,” pesannya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Golo Lanak, Skolastika Anim, menyampaikan terima kasih kepada PT PLN (Persero) dan pemerintah yang telah menjawab keluhan penerangan listrik di kampungnya.

“Dengan adanya arus listrik, anak-anak kami bisa belajar, ekonomi juga bisa berkembang, dan kami berharap agar arus listrik yang ada tetap aman ke depannya,” kata Skolastika. (*)