Heboh! Tersangka Korupsi Jadi Kadis Pendidikan di Lembata

Ilustrasi Korupsi / Freepik

Kupang, KN – Bupati Lembata, Eliazer Yentji Sunur kembali mengangkat Silvester Samun menjadi Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, pada 24 Februari 2021.

Silvester Samun merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda NTT, bersama Abraham Yehezkiel Tsazaro sebagai kontraktor pelaksana proyek Awololong yang menelan anggaran senilai Rp6,8 Miliar.

Meski sudah jadi tersangka, namun keduanya belum ditahan oleh Polda NTT atas kasus dugaan korupsi tersebut. Mirisnya salah satu dari tersangka yakni Silvester Samun diangkat menjadi Kepala Dinas PKO di Kabupaten Lembata.

Menanggapi polemik tersebut, Koordinator Umum Amppera Kupang, Emanuel Boli mengatakan, sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Silvester Samun menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga di Kabupaten Lembata

“Setelah diperiksa jadi tersangka, Status Silvester Samun berubah jadi Plt. Kadis PKO. Sekarang mala diangkat kembali jadi kepala dinas PKO Lembata,” ujar Emanuel Boli kepada wartawan di kupang, Kamis 4 Maret 2021.

BACA JUGA:  Berkas Dua Tersangka Kasus Awololong P19, Amppera Sebut AM Terlibat

Menurutnya, wajah pendididikan di Kabupaten Lembata jadi tercoreng, jika dipimpin oleh tersangka dugaan korupsi.

“Seharusnya Silvester Samun mengundurkan diri dan mengikuti proses hukum kasus dugaan korupsi pekerjaan pembangunan destinasi wisata Awololong yang menjeratnya sebagai tersangka,” tegasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Bupati Lembata, Eliazer Yentji Sunur telah bersurat ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) perihal persetujuan pensiun atas permintaan dari Silvester Samun.

Dalam surat tertanggal 27 November 2020 dengan Nomor 880/2719/BKD-PSDM 2020, Bupati meminta BKN segera memproses pensiun Silvester Samun atas permitaan sendiri, terhitung sejak 1 Januari 2021.

Namun hingga saat ini yang bersangkutan masih menjabat sebagai Kepala Dinas PKO Kabupaten Lembata.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lembata, Paskalis Tapobali membenarkan yang bersangkutan saat ini menjabat sebagai Kadis PKO Kabupaten Lembata.

“Iya, Pak. Masih Kadis,” ujar Paskalis Tapobali singkat kepada Koranntt.com, Kamis 4 Maret 2021.*