Hukrim  

Bantah Pernyataan Paul Bethan, Fransisco Bessi: Tidak Ada Fakta Seperti Itu!

Fransisco Bernando Bessi. (Foto: Ama Beding)

Kupang, KN – Pengacara Fransisco Bernando Bessi menanggapi pernyataan Paul Bethan yang mengatakan, dirinya diduga terlibat dalam kasus pembunuhan alm. Roy Bolle.

Ia mengatakan, dalam melaksanakan tugas, setiap pengacara punya kebebasan berpendapat, tetapi ada batasan. Apakah sesuai fakta atau tidak.

“Bicara itu pakai data, dan fakta yang mendekati kebenaran. Bukan khayalan atau mengantuk lalu kasi statement ke media. Itu berbahaya. Jika tidak bisa membuktikan apa yang dikatakan, ada konsekuensi hukum pidana, dan saya akan proses sampai kapan pun,” tegas Fransisco Bessi kepada wartawan, Jumat (15/3/2024).

Fransisco menyampaikan, akan ada putusan hakim yang memuat pertimbangan hukum ketika memutus perkara pembunuhan alm. Roy Bolle.

Jika apa yang dikatakan Paul Bethan tidak ada dalam pertimbangan hukum hakim, maka apa yang disampaikan oleh Paul Bethan adalah khayalan.

“Ini hak jawab saya, karena sudah menyebutkan nama saya, sehingga saya sampaikan klarifikasi,” ungkapnya.

Ia mengaku belum mengambil tindakan hukum apapun, terhadap apa yang disampaikan oleh Paul Bethan, karena proses hukum terhadap para terdakwa di Pengadilan Negeri Kupang masih berlangsung.

BACA JUGA:  Amar Putusan di PN Kupang Bocor Sebelum Dibacakan, Marthen Bessie Lapor Bawas MA

“Setahu saya yang disampaikan itu khayalan dia. Tidak ada fakta seperti itu. Ini bukan terkait dengan kasus hukum kematian alm Roy Bolle. Tapi secara personal antara kuasa hukum keluarga korban dan saya sebagai kuasa hukum semua terdakwa. Jadi tidak ada kaitan,” ungkapnya.

Fransisco meminta Paul Bethan untuk membuktikan pernyataannya, terkait keterlibatan dirinya dalam kasus kematian alm. Roy Bolle. “Apa yang dibicarakan, bisa tidak dibuktikan?” tegasnya.

Sebelumnya, Paul Bethan seperti ditulis media ini menyebut, Fransisco Bessi diduga tahu persis peristiwa penyerangan yang menyebabkan alm Roy Bolle meninggal dunia.

“Ada pernyataan Dedy Magang bahwa dia bersama teman-teman di lokasi sudah berkomunikasi dengan Fransisco Bessi, dan Fransisco Bessi akan datang ke lokasi. Sebenarnya saudara Fransisco Bessi diduga tahu terkait jumlah massa dan tujuan mereka datang ke lokasi untuk apa,” ujar Paul Bethan.

Ketika dikonfirmasi media terkait pernyataan Fransisco Bessi hari ini, pengacara keluarga alm Roy Bolle, Paul Bethan belum memberikan konfirmasi. (*)