Daerah  

Diskopnakertrans NTT Buka Pendaftaran Pelatihan Berbasis Kompetensi, Ini Jadwalnya

PBK yang digelar oleh UPTD Latihan Kerja (LK) Diskopnakertrans NTT ini, merupakan gelombang kedua yang dibuka untuk tahun 2023.

Pengumuman pendaftaran calon peserta PBK di UPTD LK Diskopnakertrans Provinsi NTT. (Foto: Istimewa)

Kupang, KN – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopnakertrans) telah membuka pendaftaran Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK).

PBK yang digelar oleh UPTD Latihan Kerja (LK) Diskopnakertrans NTT ini, merupakan gelombang kedua yang dibuka untuk tahun 2023.

Adapun program pelatihan yang disiapkan antara lain Barista, Commis Pastry, Customer Service Representatif, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Off Grid, dan Tata Rias Pengantin Gaun Panjang.

Setiap program pelatihan masing-masing membutuhkan 16 orang, dengan syarat usia rata-rata minimal 20 tahun dan maksimal 38 tahun.

Selain usia, syarat bagi pendaftar adalah memiliki E-KTP, ijazah terakhir minimal SD, dan tidak diperkenankan bagi calon peserta yang masih menjalani sekolah formal di tingkat SMA atau Perguruan Tinggi.

Di samping itu, PBK ini diperuntukan bagi calon peserta yang belum pernah mengikuti pelatihan PBK di UPTD LK Provinsi NTT, memiliki akun Kemnaker, dan mengikuti tes tertulis dan wawancara.

Jadwal pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 26 April 2023 sampai 13 Mei 2023. Tes tertulis dan wawancara dilaksanakan 15-16 Mei 2023 di Aula PLUT Diskopmakertrans Jl. Palapa, Kota Kupang. Pengumuman hasil tes 19 Mei 2023. Daftar ulang 22 Mei 2023 di Kantor UPT LK. Pelaksanaan PBK 24 Mei 2023.

BACA JUGA:  Tarif Masuk TNK Rp3,7 Juta Berlaku Mulai Hari Ini, Pemprov NTT Siapkan Sosialisasi

Bagi calon peserta yang tertarik mengikuti PBK dipersilahkan untuk mendaftar secara online tanpa dipungut biaya dengan alur sebagai berikut:

1. Pendaftaran dilakukan melalui link https://pelatihan.kemnaker.go.id
2. Log in dengan NIK dan Pasword yang sudah didaftarkan. Setelah itu isi biodata.
3. Pilih mitra pelatihan, dan kemudian ketik di kolom pencarian ‘BLK PROVINSI Nusa Tenggara Timur’.
4. Pilih program pelatihan yang diminati.
5. Unduh dan cetak formulir Kartu Pendaftaran untuk dibawa saat mengikuti seleksi.

Adapun fasilitas yang akan diterima oleh para peserta PBK adalah: 

1. Perlengkapan peserta
2. Pakaian seragam pelatihan
3. Pakaian olahraga
4. Modul
5. Bahan pelatihan
6. Sepatu kerja/safety shoes
7. Asuransi
8. Uang saku
9. Makan siang
10. Sertifikat UPTD LK dan Sertifikat Kemnaker. (*)