Bisnis  

Diduga Berbohong, Bank NTT Ultimatum Nasabah KC Borong Segera Klarifikasi

Jajaran Kepala Divisi, Kasubdiv dan Konsultan Humas Bank NTT memberikan keterangan Pers kepada wartawan, Selasa 13 Juni 2023. (Foto: Ama Beding)

Kupang, KN – PT. Bank NTT merespons pemberitaan dan pernyataan salah satu nasabah Bank NTT Kantor Cabang Borong, yang menyatakan uangnya lenyap dari rekening.

Nasabah atas nama Efrinus Natarus diduga berbohong, karena memberikan pernyataan yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Kepala Divisi Corporate Secretary dan Legal Bank NTT Endri Wardono mengatakan, dari riwayat transaksi yang diperoleh, Efrinus Natarus diketahui menginstal aplikasi mobile banking NTT Pay pada tanggal 11 Juni 2020.

“Yang bersangkutan mendaftar sebagai pengguna mobile banking NTT Pay dengan nomor Handphone 08520566XXX,” ujar Endri Wardono kepada wartawan, Selasa 13 Juni 2023.

Ia melanjutkan, kemudian pada tanggal 16 Juni 2021 yang bersangkutan melakukan migrasi aktivasi mobile banking B-Pung Mobile.

“Sehingga dipastikan yang bersangkutan menggunakan M-Banking Bank NTT pada tanggal 6 Juni 2023 melalui fitur transfer, yang bersangkutan melakukan transfer ke Bank Nobu dengan nomor rekening 09082194947157 sebesar Rp6.150.000,” jelasnya.

Selanjutnya, pada tanggal 7 Juni 2023 Efrinus Natarus melakukan transfer lagi sebesar Rp3 Juta ke nomor rekening yang sama, yang terindikasi adalah nomor rekning untuk TOP UP penggunaan OVO (e-wallet).

BACA JUGA:  Bank NTT Launching TENUN, Tabungan Pensiun untuk ASN Hingga Masyarakat Umum

Atas bukti-bukti valid yang dimiliki Bank NTT, maka diberikan kesempatan kepada Efrinus Natarus, guna menyampaikan klarifikasi terbuka secara benar, bertanggung jawab atas pemberitaan sepihak dalam waktu 3 x 24 jam.

“Apabila sampai dengan lewatnya batas waktu klarifikasi yang diberikan ternyata diabaikan ini maka Bank NTT akan mengambil langkah hukum sesuai ketentuan yang berlaku,” tegas Endri Wardono.

Endri menambahkan, Bank NTT menghormati proses hukum yang sementara berjalan di Polres setempat. “Pada prinsipnya kami menjunjung tinggi azas praduga tak bersalah,” pungkasnya.

Kasubdiv Humas Bank NTT Inggrid Manongga menegaskan, transaksi menggunakan aplikasi B Pung Mobile Bank NTT dibengtengi dengan sejumlah kode pengaman, yang hanya diketahui oleh pengguna atau nasabah.

“Sistem aplikasi B Pung Mobile menerapkan sekuritas yang sama seperti bank-bank lain. Sehingga dari sisi keamanan sangat terjamin,” tegasnya. (*)