Bisnis  

Bank NTT Beri Pendampingan Lapangan untuk 5 Desa Binaan di Kabupaten Belu

Dalam Festival Desa Binaan Bank NTT, semua pihak dilibatkan untuk turut mengambil bagian dalam event tersebut.

Pemimpin Cabang Bank NTT Atambua Adrianus M. Pontus (Foto: Ama Beding)

Atambua, KN – Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur (Bank NTT) memiliki sejumlah program unggulan yang dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di desa.

Dua dari sekian banyak program yang bakal dilaksanakan adalah Festival Desa Binaan dan PAD Bank NTT, yang dilaunching bersamaan dengan Program Ramai Sekali Bank NTT tahun 2022 oleh Gubernur NTT, Viktor Laiskodat beberapa waktu lalu.

Festival Desa Binaan dan PAD, merupakan implementasi dari misi Bank NTT, yaitu sebagai “Pelopor Penggerak Ekonomi Rakyat” serta menggali potensi daerah, diusahakan secara produktif demi kesejahteraan rakyat NTT.

Dalam ajang Festival Desa Binaan Bank NTT, setiap Kabupaten/Kota di NTT mengirimkan lima desa terbaik, untuk mewakili daerah masing-masing sebagai nominator dalam event tersebut.

Pemimpin Cabang Bank NTT Atambua Adrianus M. Pontus kepada wartawan mengatakan, sejak awal pihaknya sudah berkomitmen untuk mengawal dan memberikan pendampingan lapangan kepada lima desa binaan Bank NTT di Kabupaten Belu.

“Sejak awal kami sudah komitmen untuk terus mengawal Desa Binaan Bank NTT di lapangan, sampai festival itu digelar,” ujar Adrianus kepada wartawan belum lama ini.

BACA JUGA:  Fransisco Bessi Dukung Fary Francis dan David Fulbertus Pimpin PSSI NTT

Menurut Adrianus, saat ini pihaknya di Bank NTT Cabang Atambua sedang melakukan proses penghitungan terhadap kebutuhan masyarakat, penentuan kelompok yang akan terlibat, serta skema yang akan dibangun di desa, dengan karakter yang berbeda.

“Festival ini memiliki kontribusi yang cukup nyata bagi ekonomi masyarakat dari segi pembiayaan, peningkatan produk, serta peningkatan objek wisata yang ada di Kabupaten Belu,” ungkap Adrianus.

Ia menjelaskan, akhir bulan Mei nanti, Bupati Kabupaten Belu, dr. Agustinus Taolin, akan mengevaluasi langsung, terkait proses pengawasan terhadap sejumlah desa yang menjadi binaan Bank NTT.

“Jadi kita akan mengevaluasi kembali semua proses yang terjadi di lapangan. Dan diharapkan desa-desa yang sudah kita intervensi dari bulan April-Mei itu sudah ada perubahan,” ungkapnya.

Adrianus menambahkan, dalam Festival Desa Binaan Bank NTT, semua pihak dilibatkan untuk turut mengambil bagian dalam event tersebut.

“Jadi masyarakat dan Kepala Desa sudah dilibatkan dari awal, sehingga kolaborasi yang kita bangun ini bisa diterjemahkan secara baik oleh Kepala Desa dan masyarakat,” pungkasnya. (*)