Bisnis  

Didampingi Dirut Bank NTT, Bupati Manggarai Resmikan ATM Ramah Disabilitas

Peresmian ATM Ramah Disabilitas tersebut, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Manggarai didampingi Direktur Utama Bank NTT, dan disaksikan oleh para Direksi BPD, serta Kepala Bank NTT Cabang Ruteng, Romy Radja Langu.

Kolase foto peresmian ATM ramah disabilitas di Ruteng, Manggarai. (Foto: Yhono Hande)

Ruteng, KN – Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit didampingi Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho meresmikan ATM Ramah Disabilitas, yang terletak di halaman Kantor Bupati Manggarai, Jumat 3 Maret 2023.

Peresmian ATM Ramah Disabilitas tersebut, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Manggarai didampingi Direktur Utama Bank NTT, dan disaksikan oleh para Direksi BPD, serta Kepala Bank NTT Cabang Ruteng, Romy Radja Langu.

Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho mengatakan, semua orang membutuhkan layanan perbankan. Karena itu, bank harus mampu menyediakan fasilitas kepada semua pengguna jasa bank dan nasabah.

“Tidak saja tergolong dalam normal secara fisik, tapi orang disabilitas dengan kebutuhan yang berbeda juga membutuhkan pelayanan perbankan,” kata Dirut Bank NTT Alex Riwu Kaho kepada wartawan, Jumat 3 Maret 2023.

Ia menjelaskan layanan ATM yang dihadirkan oleh Bank NTT, bertujuan untuk memfasilitasi transaksi nasabah, sehingga kebutuhan masyarakat akan uang tunai bisa terlayani.

“Ini juga bisa untuk semua, transaksi apapun atau siapa saja bisa. Ini juga telah diatur untuk memudahkan orang dalam keadaan apapun,” ungkapnya.

Dengan peresmian tersebut, maka jumlah ATM Bank NTT ramah disabilitas saat ini sudah mencapai 3 unit, yang terdiri dari 2 di Kota Kupang, dan 1 di Ruteng, Kabupaten Manggarai.

Dirut Bank NTT berharap ATM ramah disabilitas tersebut bisa digunakan oleh masyarakat sekitar, karena tujuan pengadaan ATM adalah agar masyakat di sekitar bisa terlayani, khususnya kaum disabilitas.

BACA JUGA:  Kinerja dan Kontribusi Positif Bank NTT Berbuah Penghargaan dari Bank Indonesia

“Suster dan bruder diharapkan bisa mengenalkan penggunaan mesin ATM kepada anak-anak disabilitas. Oleh karena itu kami berterima kasih terhadap Bupati Manggarai yang telah menyediakan fasilitas untuk ini. Apalagi Bupati merupakan salah satu pemegang saham di Bank NTT,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit menyampaikan terima kasih kepada Bank NTT yang tetap mendukung pembangunan ekonomi di Kabupaten Manggarai.

“Terima kasih atas penyediaan ATM ramah difabel. Ini sesuatu yang luar biasa, sehingga kami dari Pemkab Manggarai mengakui bahwa kami harus belajar banyak dari Bank NTT. Sehingga kami juga ada kepekaan yang harus kami pelajari dan harus memberi contoh tempat pelayanan umum yang dijalankan oleh Pemkab Manggarai,” ungkap Bupati Nabit itu.

Selain itu, Bupati Nabit juga menyampaikan terima kasih kepada Bank NTT atas proses pinjaman daerah yang sedang berlangsung.

“Kami berharap bahwa pinjaman tersebut akan bisa mulai terserap di bulan April tahun 2023. Dan tentu untuk kesejahteraan masyarakat Manggarai secara keseluruhan. Terima kasih juga kepada Bank NTT atas bantuan lewat program Corporate Social Responsibility (CSR), yang mulai dari tahun lalu dan tahun ini, di mana kami mengusulkan 32 lampu jalan di jalan umum yang saat ini sudah terpasang,” tutupnya. (*)