Daerah  

KPP Pratama Kupang Gelar Bimtek Duta E-filing

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam tersebut dihadiri oleh 28 peserta yang berasal dari 23 satuan kerja (satker) di wilayah kerja KPP Pratama Kupang yang selanjutnya didaulat menjadi Duta e-Filing.

KPP Pratama Kupang Gelar Bimtek Duta E-filing. (Foto: Istimewa)

Kupang, KN – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kupang menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan dan pembentukan Duta e-Filing di Aula Sasando KPP Pratama Kupang pada Selasa 7 Februari 2023.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam tersebut dihadiri oleh 28 peserta yang berasal dari 23 satuan kerja (satker) di wilayah kerja KPP Pratama Kupang yang selanjutnya didaulat menjadi Duta e-Filing.

Bimtek Duta e-Filing ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh KPP Pratama Kupang untuk memberikan edukasi serta kemudahan bagi Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan dalam hal pelaporan SPT Tahunan.

Penyuluh Pajak Ahli Pertama Jupiter Heidelberg Siburian selaku pemateri pada kegiatan tersebut menyampaikan, kegiatan Duta e-Filing diadakan setiap tahunnya sejak tahun 2019 dan terus berlangsung hingga saat ini yang telah memasuki tahun kelima. Duta e-filing ini merupakan petugas dari setiap satuan kerja yang ditunjuk langsung oleh pimpinan satuan kerja untuk membimbing dan memberikan asistensi penyampaian SPT Tahunan di satuan kerjanya masing-masing.

“Tugas Duta e-Filing adalah membantu memberikan asistensi dalam kegiatan pendampingan penyampaian SPT Tahunan sekaligus memberikan informasi atau transfer of knowledge kepada para pegawai di lingkungan kerja masing-masing terkait tata cara penyampaian SPT Tahunan melalui e-Filing,” jelas Jupiter.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan bimtek tersebut adalah tata cara penyampaian SPT Tahunan khususnya melalui e-Filing pada laman DJP Online yang meliputi pengisian SPT 1770S dan 1770SS. Dalam bimtek tersebut juga disampaikan materi terkait pemutakhiran data Wajib Pajak dalam rangka implementasi NIK menjadi NPWP.

BACA JUGA:  Daftarkan Bacaleg, Chris Widodo: PSI Target Raih 1 Fraksi DPRD Seluruh NTT

Pihak KPP Pratama Kupang berharap selain menjadi wakil satuan kerja dalam upaya pemenuhan kewajiban pelaporan SPT Tahunan, para Duta e-Filing juga diharapkan mampu menjadi perpanjangan tangan dari KPP dalam mengimbau dan memberikan asistensi kepada pegawai di satuan kerjanya untuk melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP secara mandiri melalui laman djponline.pajak.go.id.

Kepala KPP Pratama Kupang Ni Dewa Agung Ayu Sri Liana Dewi mengungkapkan bahwa selain sebagai upaya percepatan pelaporan SPT Tahunan, penyelenggaraan Duta e-Filing diharapkan mampu meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak dalam pemenuhan kewajiban perpajakannya tepat waktu.

“Batas akhir penyampaian SPT Tahunan yaitu tanggal 31 Maret untuk Wajib Pajak Orang Pribadi dan 30 April untuk Wajib Pajak Badan,” tegas Ayu.

Seluruh Duta e-Filing diberikan bekal agar mampu menjadi sumber informasi terkait pemenuhan kewajiban perpajakan secara online yang tepat dan akurat sehingga para pegawai di masing-masing satuan kerja tidak perlu datang ke kantor pajak.

Pihak KPP Pratama Kupang mengungkapkan bahwa kedepannya peran serta Duta e-Filing ini akan tetap dipertahankan dan diupayakan agar jangkauannya dapat diperluas lagi. (*/KN)