Hujan Deras di Manggarai Barat, Jalur Terang-Pacar Tertimbun Longsor

Jalur Terang-Pacar Tertimbun Longsor / Foto: Yhono

Labuan Bajo, Koranntt.com- Ruas jalan Terang – Pacar di Desa Compang, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat tertimbun tanah longsor setelah diguyur hujan beberapa hari terakhir. Musibah ini menyebabkan arus transportasi darat terganggu.

Seorang warga Desa Compang, Gusty Angkur mengatakan, longsor tersebut terjadi sejak Rabu 27 Januari 2021, dan mengakibatkan longsor yang menutup sebagian badan jalan hingga 15-20 meter.

“Akibat longsor,¬†aktivitas lalu lintas di jalur Terang – Pacar terganggu dan menimbulkan antrean panjang kendaraan, baik roda dua mapun roda empat,” tutur Angkur kepada wartawan, Kamis (28/01/2021)

Untungnya warga Desa Compang sudah berupaya membersihkan material longsor, sehingga arus lalulintas bisa kembali normal dan dilewati kendaraan.

“Berkat kesiapan warga, akhirnya kendaraan dapat melewati jalan tersebut. Namun untuk kendaraan roda empat belum bisa melintasi jalan itu, karena masih menunggu penanganan dari pemerintah terkait,” tandasnya

BACA JUGA:  Kejati NTT Kembalikan Tanah Keranga Seluas 30 Hektar ke Pemkab Mabar

Sementara Kepala Dinas PUPR Manggarai Barat, Ovan Adu saat dikonfirmasi, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi NTT untuk menangani masalah tersebut.

“Longsor tersebut akan segera ditangani. Namun masyarakat harus bersabar karena harus membutuhkan waktu, karena banyaknya bencana longsor yang harus ditangani,” jelas Ovan

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dalam menjalankan aktivitasnya karena cuaca semakin ekstrim di Kabupaten Manggarai Barat, khususnya di desa Compang. “Masyarakat diminta untuk tetap berhati-hati dalam setiap aktivitasnya,” tutup Ovan.

Untuk diketahui, ruas jalan tersebut merupakan jalan utama yang menghubungkan beberapa Kecamatan, dan berstatus jalan Provinsi. (YH/AB/KN)