Bengkel Konversi Motor Listrik di Sekolah Binaan PLN SMKN 3 Mataram Layak Bersertifikat

Bengkel Konversi Motor Listrik di Sekolah Binaan PLN SMKN 3 Mataram Layak Bersertifikat. (Foto: Humas PLN)

Mataram, KN – Sekolah binaan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra), SMKN 3 Mataram, menerima kunjungan tim verifikasi bengkel konversi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Senin, 25 Maret 2024.

Kunjungan tim verifikasi Kemenhub ini dilakukan untuk menilai kesiapan bengkel konversi motor listrik  kolaborasi PT PLN (Persero) UIP Nusra dan SMKN 3 Mataram untuk melayani masyarakat menyangkut kendaraan listrik.

Tim verifikator Kemenhub yang terdiri dari Ana Apriana, M. Hafiz Bashari, dan Farida Nur Fadhilah disambut dengan hangat oleh kepala sekolah SMKN Mataram, Sulman Haris beserta sejumlah perangkat sekolah di ruang bengkel konversi yang telah tuntas dibangun.

Sulman Haris mengatakan segala bentuk kesiapan bengkel konversi SMKN 3 Mataram tak lepas dari kerja keras seluruh tim manajemen dan konversi, PT PLN (Persero) UIP Nusra dan SMKN 3 Mataram, yang tekun dalam mempersiapkan kompetensi SDM, fasilitas, hingga mengkampanyekan kendaraan listrik di NTB.

“Kami sudah siap dengan gedung, peralatan, dan teknisi. Kami juga siap berpartisipai menyukseskan salah satu program unggulan nasional,” ucap Sulman Haris.

Tim verifikator Kemenhub mengapresiasi langkah dan semangat SMKN 3 Mataram dalam mengambil peran dan turut andil dalam program unggulan pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Salah satu anggota tim verifikasi, Farida Nur Fadhilah, berterima kasih kepada SMKN 3 Mataram yang ikut mendukung program prioritas nasional melalui Perpres No. 55 tahun 2019 tentang penggunaan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB) yang merupakan peran serta Indonesia di kancah Internasional dalam hal Emisi Hijau.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi: Buya Syafii Sosok Guru Bangsa yang Sederhana

“Sangat optimis bengkel konveri SMKN 3 Mataram dalam beberapa waktu ke depan bisa menjadi tipe A dan yakin bahwa SMKN 3 Mataram akan menjadi contoh untuk wilayah Indonesia Timur,” kata Farida Nur Fadhilah.

Kunjungan tim verifikasi ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan teknis, seperti peralatan dan kesiapan SDM, SMKN 3 Mataram untuk memeroleh sertifikat kelas B bengkel konversi yang diharapkan terbit beberapa bulan ke depan, sehingga bengkel konversi SMKN 3 Mataram mampu melayani masyarakat secara resmi dan legal.

“Selama melakukan verifikasi di beberapa tempat, bengkel konversi SMKN 3 Mataram yang paling siap. Harapannya Bengkel Konversi SMKN 3 Mataran terus berkembang dan menjadi tipe A sehingga akan menjadi lebih mudah seperti pengujian yang dapat dilakukan sendiri,” kata anggota tim verifikasi, M. Hafiz Bashari.

Sementara itu, General Manager (GM) PT PLN (Persero) UIP Nusra, Abdul Nahwan, merasa bangga perjuangan bersama sejak beberapa tahun belakangan dengan SMKN 3 Mataram dalam mehidupkan ekosistem kendaraan listrik di NTB dapat terus berkembang dan membuahkan prestasi demi prestasi.

“Semoga apa yang telah dicita-citakan di awal dapat segera terwujud sehingga bengkel konversi SMKN 3 Mataram bisa hadir di Mataram dan babak baru perjuangan dalam menggaungkan kendaraan listrik di NTB bisa sama-sama kita mulai,” ujar GM Abdul Nahwan. (Humas PLN)