Daerah  

Gerak Cepat PLN Rote Amankan Kehandalan Listrik Jelang Hari Raya Paskah

Gerak Cepat PLN Rote Amankan Kehandalan Listrik Jelang Hari Raya Paskah. (Foto: Humas PLN)

Kupang, KN – Gangguan kubikel yang berlokasi di kelurahan Onatali, Kecamatan Rote Tengah, menyebabkan terjadinya pemadaman tidak terencana di Rote Ndao. Hal ini disampaikan Manager PLN ULP Rote Ndao, Budi Sutrisno.

Saat dikonformasi, Selasa, (26/3/2024), Budi menjelaskan, gangguan kubikel terjadi pada Sabtu malam, (23/3) lalu. Kejadian tersebut direspon cepat oleh pihak PLN.

“Saat kejadian kami segera lakukan usaha perbaikan. Yang kami utamakan adalah bagaimana listrik kembali menyala di Rote,” ucap Budi.

Dalam pengerjaan perbaikan tersebut berjalan lancar. Namun diakuinya, Belum semaksimal yang diharapakan.

“Pengerjaan perbaikan tersebut masih membutuhkan pemeliharaan lanjutan. Untuk itu kami rencanakan padam di siang ini (26/3) memaksimalkan pengerjaan perbaikan Sabtu kemarin,” ujar Budi.

Budi mencotohkan, Kubikel seperti saklar pada jaringan Listrik rumahan. Kubikel merupakan, saklar yang menopang beban listrik sekabupaten Rote.

BACA JUGA:  Berkat Dukungan Bunda Julie, Novita Bili Raih Juara Miss Young Indonesia 2023

“Musim hujan, jaringan kami terkena pohon, pohon tumbang terkena jaringan kabel. Itu berefek pada kubikel, seperti di rumah kalau ada korslet pasti MCB jatuh, sama halnya dengan kubikel jika ada gangguan pada jaringan kabel,” kata Budi.

Masih menurut Budi, seringnya ada jaringan kabel listrik yang terganggu menimbulkan percikan pada kubikel. “Lama kelamaan menghitam dan puncaknya pada Sabtu malam kemarin, kubikel mengalami gangguan. Hal ini terjadi lebih cepat dari jadwal pemeliharaan rutin yang sudah kami rencanakan,” ujar Budi.

“Semoga pekerjaan hari ini bisa meningkatkan kehandalan listrik di Rote selama hari raya dan berjalan dengan aman,” ucap Budi. (Humas PLN)