Daerah  

Kota Kupang Diguncang Gempa Bumi 4,9 Magnitudo

Pusat gempa bumi (Foto: BMKG)

Kupang, KN – Dini hari tadi, wilayah Kota Kupang, Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,9 magnitudo.

Kepala Stasiun Geofisika Kupang Margiono mengatakan, gempa bumi terjadi Senin 12 Februari 2024, pukul 04:04:22 WIB atau 05:04:22 waktu setempat.

“Hasil analisis BMKG menunjukan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo¬† M=4.9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 10.42¬† LS dan 124.22 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 60 km Tenggara Kabupaten Kupang pada kedalaman 13 km,” ujar Margiono dalam keterangan tertulisnya yang diterima media ini, Senin (12/2/2024).

Ia menyebut, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. Hal ini dapat dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter.

“Guncangan gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kota Kupang II-III MMI. Getaran dirasakan nyata oleh beberapa orang seperti ada truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Wali Kota Terima Kunjungan Tim KKP RI, Bahas Pembangunan Pabrik Es

Margiono menambahkan, hingga hari ini pukul 05.34 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” terangnya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” pungkasnya. (*)