Daerah  

BMKG Rilis Peringatan Dini Cuaca di NTT Tanggal 7-9 Februari 2024, Cek di Sini!

Ilustrasi (Foto: Freepik)

Kupang, KN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi El Tari Kupang merilis prakiraan cuaca di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tanggal 7-8 Februari 2024.

Dalam keterangan tertulisnya, BMKG menyatakan bahwa, pada tanggal 7 Februari 2024, wilayah-wilayah di NTT yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat, adalah Kabupaten Belu, Alor, Flores Timur, TTS, TTU, Malaka, dan Kabupaten Kupang.

Selanjutnya pada tanggal 8 Februari 2024, wilayah-wilayah di NTT yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat, adalah Kabupaten Alor, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Flores Timur, Alor, TTU, TTS, Malaka, Sabu, Sumba Timur dan Kabupaten Kupang.

Sedangkan pada tanggal 9 Februari 2024, wilayah-wilayah di NTT yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat, adalah Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Belu, TTU, TTS, Malaka, dan Sumba Timur.

BMKG juga menyatakan bahwa, pada tanggal 8 Februari 2024, sejumlah wilayah di NTT masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada pukul 06:00 WITA.

BACA JUGA:  Kasus Dugaan Korupsi, Jaksa Sita Sertifikat Tanah dari Bos CV NAM

Wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Kabupaten Kupang: Kupang Barat, Sulamu, Nekamese, Amarasi Barat, Taebenu,
Kabupaten Lembata: Ile Ape, Ile Ape Timur,
Kabupaten Rote Ndao: Rote Barat Daya, Rote Barat Laut, Rote Tengah, RoteĀ  Selatan, Landu Leko, Kota Kupang: Alak, Maulafa, Oebobo, Kota Raja, dan sekitarnya.

Potensi cuaca seperti ini dapat meluas ke wilayah Kabupaten Kupang: Semau, Kupang Timur, Kupang Tengah, Amarasi, Fatuleu, Amarasi Selatan, Semau Selatan, Amabi Oefeto, Fatuleu Barat, Kabupaten Alor: Pantar Barat, Pantar Baru Laut, Kabupaten Lembata: Atadei, Lebatukan, Nubatukan, Omesuri, Buyasuri, Kabupaten Rote Ndao: Lobalain, Pantai Baru, Rote Timur, Rote Barat, Kota Kupang: Kelapa Lima, Kota Lama, dan sekitarnya.

“Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 09:00 WITA,” tulis BMKG.

BMKG mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi dampak hujan dan angin kencang berdurasi singkat, yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin, rusaknya atap bangunan dan fasilitas umum lainnya. (*)