Daerah  

Asyik Camping di Area Erupsi Gunung Lewotobi, 2 Warga Negara Swedia Dievakuasi Tim SAR

Tim SAR Gabungan evakuasi WNA Swedia di sekitar Gunung Lewotobi. (Foto: Tim SAR)

Larantuka, KN – Tim SAR Gabungan mengevakuasi 2 Warga Negara Asing (WNA) yang sedang camping di daerah rawan erupsi gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, NTT.

Evakuasi ini dilakukan setelah Tim SAR Gabungan yang sedang melakukan patroli malam di Desa Nurabelen, menerima informasi dari seorang warga setempat.

“Menerima informasi dari warga kami Tim SAR Gabungan menuju lokasi kejadian, sekitar Pukul 22.00 Wita Tim bertemu dengan dua orang WNA atas nama Alex (34) dan Hening (38),” ujar OSC Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, Riswan Dwiputra, Kamis (18/1/2024).

Dia menyebut, kedua WNA yang berasal dari Swedia itu langsung dievakuasi. Dalam proses evakuasi, Tim SAR Gabungan memberitahukan kepada kedua WNA bahwa daerah yang dijadikan aktivitas camping merupakan daerah rawan aliran erupsi.

BACA JUGA:  Pospera NTT Dukung Meianto Lily Maju Calon DPR RI dan Yerim Yos Fallo Cabup TTS 2024

“Setelah mereka mengetahui bahwa daerah tersebut tidak aman, tim membantu ke dua WNA tersebut untuk berkemas dan dievakuasi hingga ke jalan raya Maumere-Larantuka, dan kedua WNA tersebut langsung menuju Kota Larantuka untuk menginap,” ungkap Riswan.

Dia mengapresiasi koordinasi dan kerja sama warga setempat di daerah rawan erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, sehingga kedua WNA telah dievakuasi menuju tempat yang aman. (*)