Daerah  

Daimler Commercial Vehicles Indonesia Dukung Pendidikan Dini di Nusa Tenggara Timur

Daimler Commercial Vehicles Indonesia Dukung Pendidikan Dini di Nusa Tenggara Timur. (Foto: Istimewa)

Daimler Commercial Vehicles Indonesia mengadakan agenda CSR (Corporate Social Responsibility) melalui pembangunan kembali sekolah PAUD Talenta di Desa Nunumue, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur

Kupang, KN – Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) senantiasa berupaya untuk mendukung kemajuan masyarakat di Indonesia, salah satunya melalui bidang pendidikan. Bekerja sama dengan Happy Hearts Indonesia, DCVI akan melakukan program pembangunan kembali sekolah di Timur Indonesia yang diawali dengan pembangunan kembali sekolah PAUD Talenta di Desa Nunumue, Nusa Tenggara Timur. Inisiatif ini didukung pula oleh Diler dan pelanggan DCVI melalui berbagai kontribusi dalam kegiatan penggalangan dana Turnamen Golf DCVI yang telah diadakan pada 20 Juli 2023 yang lalu.

Pendidikan merupakan investasi penting dalam mempersiapkan generasi muda untuk mencapai berbagai tujuan terkait Indonesia Emas 2045, baik dari sisi pengetahuan maupun keterampilan yang dapat diasah sedini mungkin. Investasi ini merupakan wujud komitmen DCVI dalam mengembangkan pendidikan dan pembinaan sumber daya manusia Indonesia. Sejalan dengan prinsip-prinsip Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (ESG) DCVI, inisiatif ini dapat beriringan dengan usaha Indonesia untuk mencapai industri yang mandiri dan kinerja bisnis yang lebih maju di masa depan.

“Indonesia adalah negara kepulauan dengan wilayah yang sangat luas. Sebagai produsen kendaraan komersial terkemuka di dunia, tujuan kami adalah mengembangkan solusi transportasi yang berkelanjutan dan berorientasi pada masa depan demi pergerakan barang dan penumpang di wilayah yang luas ini. Kerangka kerja yang telah kami tetapkan untuk tanggung jawab kami pada program CSR DCVI adalah ESG, dan pemerataan pendidikan nasional merupakan salah satu visi di bawah tanggung jawab Sosial kami untuk pembangunan berkelanjutan di masa depan,” terang Naeem Hassim, President Director DCVI.

DCVI dan Happy Hearts Indonesia berdedikasi untuk membangun kembali sekolah yang aman dan kokoh bagi anak-anak di Nusa Tenggara Timur, sehingga mereka dapat dengan nyaman dan aman menjalankan kegiatan pembelajaran, mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas, dan memiliki tempat bermain dengan sesama anak-anak. Happy Hearts Indonesia merupakan organisasi nirlaba yang dibentuk untuk mewujudkan akses pendidikan yang setara bagi anak-anak Indonesia melalui berbagai program, salah satunya adalah pembangunan fasilitas yang layak dan berkelanjutan untuk proses belajar & mengajar bagi guru dan murid terutama di daerah Timur Indonesia.

Aditia Putro, selaku HR Director DCVI pada acara peresmian pembangunan PAUD Talenta secara langsung di Desa Nunumue, menyatakan “Bersama dengan Happy Hearts Indonesia, kami berinisiatif untuk menyiapkan Indonesia yang lebih baik melalui bantuan fasilitas pendidikan.

BACA JUGA:  Alumni Menwa Bersama Bank NTT Gelar Lomba Mading SMA/SMK, Hadiah Belasan Juta

Melalui inisiatif pembangunan kembali sekolah di NTT ini, DCVI percaya bahwa kita dapat mempersiapkan generasi muda yang akan menyambut era Indonesia Emas 2045, karena anak-anak ini akan berada pada usia produktif di era tersebut. Di saat yang sama, inisiatif ini juga dapat menjadi pemicu bagi pengembangan berbagai hal di negara ini untuk jangka panjang.”

Inisiatif CSR yang berkelanjutan ini merupakan tahap awal perwujudan dukungan DCVI terhadap sektor pendidikan Indonesia. Selain pembangunan kembali fasilitas sekolah, inisiatif ini akan diimplementasikan dalam bentuk program yang meliputi dukungan terhadap operasional sekolah sampai 5 tahun pasca selesai konstruksi fasilitas bangunan sekolah, yang akan meliputi pelatihan tentang Air, Sanitasi, dan Kebersihan (WASH), Pengurangan Risiko Bencana (DRR), dan Manajemen Keuangan & Kewirausahaan Sekolah.

Sylvia Beiwinkler, selaku CEO Yayasan Happy Hearts Indonesia hadir juga pada acara seremonial pembangunan PAUD Talenta di Desa Nunumue ini. “Kami dari Happy Hearts Indonesia senantiasa mendukung dan ikut berbahagia atas komitmen dari korporasi internasional sebesar DCVI untuk mengembangkan pendidikan Indonesia lebih maju. Terutama di daerah-daerah yang masih memiliki akses yang sulit seperti ini, kehadiran DCVI kami harap dapat mempercepat akses pendidikan yang merata bagi seluruh masyarakat Indonesia,” jelas Sylvia Beiwinkler.

Tidak terbatas pada inisiatif ini, DCVI juga akan terus mendukung sektor pendidikan dalam rangka menyiapkan generasi yang handal dalam mengelola industri otomotif dalam negeri, terutama pada bidang kendaraan niaga. Dengan perkembangan moda transportasi logistik dan pariwisata yang semakin masif, sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan untuk memastikan kemajuan sektor-sektor tersebut di wilayah timur Indonesia.

“Kami ingin mulai dari dukungan dan pengembangan pendidikan terlebih dahulu, dari manusianya terlebih dahulu, dengan harapan suatu hari nanti kita semua bisa lihat perkembangan dan pemerataan sektor transportasi dan logistik ke seluruh penjuru Indonesia. Secara jangka pendek, inisiatif ini bertujuan untuk membangun kembali fasilitas pendidikan yang nyaman dan aman bagi anak-anak, namun secara jangka panjang inisiatif ini dapat membantu memberdayakan masyarakat dan komunitas lokal,” tambah Aditia Putro. (*)