25 Perguruan Tinggi di Indonesia Ikut Expo Pendidikan 2023 di SMAK Giovanni Kupang

Kadis P dan K Provinsi NTT buka Expo SMA Katolik Giovanni Kupang. (Foto: Maria)

Kupang, KN – SMA Katolik Giovanni menyelenggarakan Expo Pendidikan 2023 bertajuk “Mewujudkan Generasi Z yang Kreatif, Inovatif, dan Produktif dengan Merdeka Memilih”.

Kegiatan ini secara langsung dibuka oleh Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Linus Lusi, M.Pd, Jumat, 20 Oktober 2023.

Seremonial pembukaan berlangsung di halaman SMA Katolik Giovanni dan dihadiri 25 perwakilan Universitas Swasta yang berlokasi di Jawa, Bali, dan Kota Kupang, para guru serta pegawai, dan peserta didik.

Ketua Panitia Expo Pendidikan 2023 SMA Katolik Giovanni Kupang Fransiska Kabelen membenarkan informasi terkait 25 universitas swasta dari Jawa, Bali, dan NTT yang hadir dalam expo kali ini.

“Untuk Expo Pendidikan tahun ini pesertanya lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 25 peserta yang terdiri dari 20 universitas yang berasal dari Pulau Jawa, 2 universitas dari Pulau Bali, dan 3 universitas dari Kota Kupang,” jelas Fransiska.

Kegiatan ini sebagaimana diagendakan akan berlangsung selama 2 hari terhitung tanggal 20 sampai dengan 21 Oktober 2023. Kegiatan hari pertama akan dilakukan presentasi oleh perguruan tinggi kepada peserta didik terkait lokasi, mutu pendidikan, program-program studi yang ditawarkan, penjabaran tentang keunggulan-keunggulan, besaran biaya pendidikan, kesempatan peluang kerja di masa yang akan datang dan beasiswa yang bisa mereka raih.

Sedangkan hari kedua merupakan kesempatan untuk berkunjung ke stand-stand universitas guna mendapat gambaran lebih jelas terkait universitas impian para peserta didik ini.

Seperti biasanya, kegiatan ini tidak terbatas bagi peserta didik SMA Katolik Giovanni Kupang saja, melainkan juga diperuntukkan bagi semua kalangan masyarakat dan para siswa di Kota Kupang yang tentunya punya hasrat mencari informasi sebelum memutuskan pilihan. Hal ini sebagaimana disampaikan ketua panitia pelaksana, Fransiska Kabelen, S.Pd.

BACA JUGA:  Bayi 2 Tahun yang Hilang Terseret Banjir di Sikka Ditemukan Sudah Meninggal Dunia

“Kita buka even ini untuk masyarakat umum, sehingga siapa pun bisa datang dan memperoleh informasi secara gratis. Pagi ini kita kedatangan tamu perwakilan dari sekolah mitra, SMA Katolik St. Jhon Paul II Maumere,” ungkap Fransiska.

Dalam sambutan pembukaan kegiatan, Kepala SMA Katolik Giovanni Kupang, RD. Drs. Stefanus Mau, menjelaskan bahwa tujuan utama dari even ini adalah untuk mempersiapkan seluruh peserta didik agar sedini mungkin mencari tahu dan memperoleh informasi terkait universitas impiannya sebelum mereka mengambil keputusan.

“Tujuan sekolah menyelenggarakan Expo Pendidikan semata-mata adalah bentuk kepedulian sekolah terhadap kebutuhan anak untuk memperoleh informasi terkait universitas impian mereka, maka kami mendatangkan mereka untuk selanjutnya, proses pencarian dan menggali informasi ini bisa didapatkan secara lengkap, jelas, terbuka, dan akurat. Banyak siswa kita yang kemudian berhasil memilih jurusan perkuliahan dengan tepat maka 20 tahun ke depan pendidikan di Nusa Tenggara Timur akan mengalami kemajuan,” jelas Romo Stef.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Timur yang hadir memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan ini mengungkapkan apresiasinya atas diselenggarakannya kegiatan Expo Pendidikan SMA Katolik Giovanni.

Sebelum membuka kegiatan Expo Pendidikan 2023, ia memberi motivasi sekaligus wejangan terkait pemilihan jurusan yang bisa menunjang karier di dunia kerja. (*/mra)