Daerah  

Festival Kelabba Madja III Kembali Digelar, Pariwisata Sabu Raijua Mulai Bergelora

Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke (Foto: Net)

Seba, KN – Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua terus mempromosikan potensi-potensi pariwisata yang ada di negeri para Dewa itu.

Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke mengatakan, Sabu Raijua sangat unik dan kaya akan sumber daya pariwisata budaya baik itu di darat maupun di laut.

Menurutnya, sejumlah destiniasi wisata di Sabu Raijua bahkan mendapat apresiasi di tingkat nasional. Salah satunya Kelabba Madja yang meraih juara 1 kategori destinasi pariwisata surga tersembunyi terpopuler di Indonesia.

Selain Kelabba Madja, destinasi wisata Gua Mabala juga meraih juara 2 untuk kategori destinasi wisata unik terpopuler di Indonesia, dan kampung adat Namata serta gula air yang meraih juara 1 di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API).

Dengan sejumlah potensi yang dimiliki, terutama keunikan Kelabba Madja, pemerintah Kabupaten Sabu Raijua mengambil langkah berani untuk menggelar Festival Jelajah Pesona Kelabba Madja.

“Kami coba angkat itu dan dalam nomenklatur Jelajah Pesona Kelabba Madja. Kenapa jelajah? Karena sebelum tiba ke Kelaba Madja, kita jelajahi dulu destinasi-destinasi yang lain, terus terakhir di Kelabba Madja,” ujar Nikodemus Rihi Heke kepada wartawan belum lama ini.

Ia menyampaikan, Festival Jelajah Pesona Kelabba Madja ini dilaksanakan dengan segala keterbatasan, terutama dari segi anggaran.

Namun kegiatan akbar itu disambut baik oleh masyarakat Kabupaten Sabu Raijua yang turut merasakan kemeriahan dari kegiatan tersebut.

BACA JUGA:  Tersangka PLT, Bendahara BPBD Flotim Resmi Jadi Buronan Jaksa

“Walaupun ada sebagian masyarakat tidak menerima karena katanya anggaran banyak harusnya dibagi ke masyarakat. Tapi ini pikiran yang sempit sekali,” tegas Bupati Sabu Raijua.

Menurutnya, promosi dan pembangunan di sektor pariwisata butuh langkah berani, karena dampaknya bukan hanya untuk saat ini, tetapi juga untuk generasi muda Sabu Raijua 10 atau 20 tahun ke depan.

Bupati menjelaskan, gelaran Festival Kelabba Madja telah memberikan dampak yang luar biasa bagi masyakat. Sejumlah masyarakat yang sudah menyiapkan tempat menginap untuk wisatawan.

Di samping itu, masyarakat Kabupaten Sabu Raijua mulai berani membuka usaha warung-warung makanan. Hal ini merupakan dampak dari even pariwisata yang digelar oleh pemerintah.

“Artinya kalau lihat perkembangan seperti ini, geliat ekonomi mulai berjalan. Kita harapkan usaha masyarakat bisa berkembang lewat kegiatan pariwisata,” ungkap Bupati Sabu Raijua.

Orang nomor satu di Kabupaten Sabu Raijua ini berharap festival berikut bisa dipersiapkan dengan baik, agar pelaksanaannya lebih meriah dari kegiatan-kegiatan sebelumnya.

Ia menekankan perlu ada kolaborasi dan dukunga dari masyarakat agar festival ketiga bisa berjalan dengan baik. “Visi kami itu, masyarakat Sabu Raijua bersatu, maju dan bermartabat,” pungkasnya. (*)