Daerah  

Ayodhia Kalake Jadi Penjabat Gubernur NTT

Ayodhia Kalake (Foto: Istimewa)

Kupang, KN – Teka teki mengenai siapa yang akan mengisi jabatan Penjabat Gubernur NTT akhirnya terjawab.

Sekretaris Kemenkomarves Ayodhia Kalake dipastikan menduduki jabatan tersebut.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dijadwalkan akan melantik 10 penjabat (pj) gubernur daerah pada Selasa 5 September 2023 di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

“Ya, rencananya begitu,” ungkap sumber di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, saat dikonfirmasi, Kamis 31 Agustus 2023 malam seperti dilansir dari Kompas.id.

Pada hari yang sama, dalam rapat Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin oleh Presiden Jokowi dan dihadiri Wakil Pre- siden Ma’ruf Amin, di Istana Merdeka, telah diputuskan 10 nama penjabat gubernur da- erah.

Ke-10 nama penjabat guber- nur itu adalah Bey T Machmuddin untuk Jawa Barat, Nana Sudjana (Jawa Tengah), Hassanudin (Sumatera Utara), Sang Made Mahendra Jaya (Bali), Ridwan Rumasukun (Papua), Ayodhia Kalake (Nusa Tenggara Timur), Lalu Gita Ariadi (Nusa Tenggara Barat), Harrison Azroi (Kalimantan Barat), Andap Budhi Revianto (Sulawesi Tenggara), dan Bachtiar Baharuddin (Sulawesi Selatan).

BACA JUGA:  HDCI Kupang Diminta Jadi Pelopor Keselamatan Berlalulintas

Selain Tito, rapat TPA dihadiri sejumlah menteri dan perwakilan lembaga, seperti Ba- dan Intelijen Negara, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, dan Kepolisian Negara RI.

Rapat TPA memutuskan masing-masing satu nama dari tiga calon yang diusulkan oleh Kemendagri untuk 10 daerah. Tiga nama itu sebelumnya diusulkan oleh DPRD, kepala daerah, dan Kemendagri. Nama-nama digodok oleh Kemendagri sebelum dibawa dalam rapat TPA. (*/kn)