Daerah  

Butuh Kolaborasi Cerdas Membangun Literasi Digital di NTT

Kegiatan Festival Literasi di Auditorium PNK Kupang. (Foto: Ama Beding)

Kupang, KN – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) bersama Bisnis Indonesia menggelar Festival Literasi Digital di Auditorium Politeknik Negeri Kupang, Rabu 30 Agustus 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTT Kanisius Mau, Director and Chief Reulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Muhammad Buldansyah, Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Y. Benyamin, dan ratusan mahasiwa dari sejumlah perguruan tinggi di Kota Kupang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTT Kanisius Mau mengatakan, setiap komponen dalam masyarakat, memiliki peran tersendiri untuk meningkatkan literasi digital.

Menurutnya, pemerintah, perguruan tinggi dan media juga punya peran yang sangat penting untuk sinergi cerdas membangun literasi digital.

Ada 5 tingkatan literasi yang dirumuskan oleh Perpustakaan Nasional RI, diantaranya pertama baca tulis hitung dan pembentukan karakter. Kedua akses bahan bacaan akurat dan terpercaya. Ketiga memahami apa yang tersirat dan tersurat dari bahan bacaan diakses untuk menciptakan inovasi atau kreasi.

BACA JUGA:  Lewat Co-Firing, 40 PLTU PLN Grup Mampu Turunkan Emisi Hingga 429 Ribu Ton CO2

Selain itu, tingkatan kelima adalah perpaduan antar tingkatan-tingkatan yang melahirkan inovasi untuk menciptakan barang dan jasa dalam menghadapi persaingan global.

“Untuk itu maka ada 4 fondasi yang mesti secara sadar, tahu dan mau terus ditumbuhkembangkan yaitu etika digital, budaya digital, keamanan digital dan keterampilan digital,” ujar Kanisius.

Ia berharap, para peserta literasi digital khususnya mahasiswa bisa menciptakan komunitas, yang menghadirkan literasi digital positif dan cerdas di tengah masyarakat khususnya di sosial media. (*)