Daerah  

Jelang Purna Tugas, Gubernur NTT Pimpin Upacara HUT ke-78 RI

Gubernur NTT menyerahkan bendera merah putih kepada petugas paskibraka. (Foto: Istimewa)

Kupang, KN – Gubernur NTT Viktor Laiskodat memimpin upacara Peringatan Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia di Alun-Alun Rumah Jabatan Gubernur di Kupang, Kamis 17 Agustus 2023 pukul 07.30 WITA.

Tahun ini merupakan tahun terakhir periode kepemimpinan pasangan Vikor Laiskodat-Josef Nae Soi yang memimpin NTT sejak 2018.

Peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia tahun ini mengusung tema ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’ dihadiri ribuan orang, terdiri aparatur sipil negara, siswas sekolah dan undangan. Para undangan mengenakan pakaian adat dari berbagai etnis di daerah itu.

Bertindak sebagai komandan upacara adalah AKBP Yudi Bayu Hendarto, lulusan Akademi Kepolisian yang saat ini menjabat Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda NTT. Sedangkan, pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD NTT Emilia Nomleni

Bertindak sebagai pembawa baki Bendera Merah Putih adalah Amelia Teresya Makawimbang, siswa SMA Negeri 1 Atambua, dan Pembentang Bendera Merah Putih adalah Vytor Nandyto Benyamin Lona, siswa SMA Negeri 1 Kupang Barat, dan Penarik Bendera adalah Johanis Reynald Maia Lonis, siswa SMA Negeri 1 Atambua.

BACA JUGA:  Rehabilitasi Fisik Kantor, Camat Langke Rembong Minta Sumbangan ke Masyarakat

Peringatan Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia ini tanpa pidato dari gubernur karena sehari sebelumnya, Laiskodat telah membacakan pidato. Menurut Laiskodat, Tema ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’ ini mengingatkan seluruh rakyat bahwa Indonesia saat ini telah menjadi bahagian dari kelompok negara-negara maju.

“Capaian ini merupakan prestasi yang membanggakan dan memberi semangat juang bagi kita untuk melanjutkan pembangunan. Narasi kemerdekaan Indonesia saat ini tidak hanya bermakna membebaskan kita dari penjajahan dan penindasan, tetapi kemerdekaan untuk menciptakan masa depan yang maju dan sejahtera dengan lebih optimis,” ujarnya seperti dikutip dari naskah pidato gubernur. (*/gma/kn)