Daerah  

Alumni Menwa Bersama Bank NTT Gelar Lomba Mading SMA/SMK, Hadiah Belasan Juta

Rapat panitia lomba mading SMA/SMK. (Foto: Istimewa)

Kupang, KN – Sebuah terobosan cerdas dilakukan oleh Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) khususnya Dewan Pengurus Kota dan Kabupaten Kupang. Bertepatan dengan momentum Agustus yang disebut Bulan Kebangsaan, maka IARMI menggelar sebuah kegiatan untuk menggairahkan literasi pada siswa/I SMA/SMK se-Kota Kupang.

Lomba Majalah Dinding (Mading) ini melibatkan seluruh SMA dan SMK baik negeri maupun swasta di Kota Kupang yang jumlahnya berkisar 50-an sekolah.

Untuk mempersiapkan segala kebutuhan dalam lomba, maka dilaksanakanlah pertemuan antara pihak IARMI dengan Bank NTT yang berlangsung akhir pekan kemarin di Kupang.

Pimpinan Bank NTT Kantor Cabang Utama (KCU), Anto Bislissin, dalam diskusi bersama Ketua DPK IARMI Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, Stenly Boymau, Jumat akhir pekan kemarin di Kupang menyatakan dukungan Bank NTT.

Menurutnya, Bank NTT mensupport kegiatan-kegiatan bernuansa positif, apalagi yang akan ditonjolkan dalam Mading ini adalah potensi serta kreatifitas anak didik. Dengan demikian maka ada andil yang cukup besar untuk memperkuat anak dalam berliterasi.

“Kita ingin agar anak diberi pemahaman yang benar mengenai pentingnya berliterasi. Membaca serta memiliki referensi yang baik terhadap sesuatu pengetahuan akan sangat bermanfaat bagi mereka dalam menentukan pilihan masa depan. Nah, Bank NTT sedang giat menggalakkan program vokasi, yakni kerjasama dengan pemerintah Jerman untuk program ausbildung, kuliah sambil bekerja dengan gaji yang besar sehingga kita berharap, di Mading ini mereka menulis dan berkreasi tentang program vokasi ini,” tegas Anto.

BACA JUGA:  Jadi Ketua Pengda, Robert Fanggidae Paparkan Kerja Nyata Kagama Bantu Warga NTT

Sementara itu, panitia lomba Mading menginformasikan bahwa lomba ini berlangsung selama bulan Agustus. Yakni 1-10 Agustus tahap sosialisasi, 10-15 Agustus pendaftaran, 25-26 Agustus penilaian dan pengumuman hasilnya pada 29 Agustus mendatang.

“Ada apresiasi bagi juara yakni uang tabungan yang disiapkan dari Bank NTT dengan total hadiah belasan juta. Ini untuk dua kategori, SMA dan SMK negeri maupun swasta. Cara pendaftarannya mudah, menghubungi panitia pada nomor-nomor yang disiapkan,”tegas Stenly Boymau.

Masih menurutnya, ada tiga thema yang disiapkan yakni 78 TAHUN KEMERDEKAAN RI, MENWA MEMBANGUN BANGSA dan BELA NEGARA (keunggulan sekolah dalam implemengasi program pendidikan) serta setiap mading diwajibkan menyediakan ruang untuk materi mengenai program Vokasi ke Jerman.

Materi Mading berupa puisi, sejarah atau informasi lain seputar thema, yang bernuansa positif dan membangun. Kreatifitas peserta dalam mendesain materi, menjadi point penting lomba yang dilaksanakan secara gratis ini. Bagi sekolah yang mau mengikuti lomba ini, dipersilahkan mendaftar pada panitia melalui kontak WA: 0812-3781-328 (Stenly), 0821-2545-4543 (Jautan), 0813-3943-2011 (Maria). (*/KN)