Bisnis  

HUT ke-61, Bank NTT Ruteng Adakan Bazar Hasil Karya UMKM Binaan

Produk UMKM binaan Bank NTT Cabang Ruteng dipamerkan saat HUT ke-61 Bank NTT. (Foto: Yhono Hande)

Ruteng, KN – Dalam rangka HUT ke-61 Bank NTT yang jatuh pada hari ini, Senin 17 Juli 2023, Bank NTT Cabang Ruteng, mengadakan kegiatan Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di halaman kantor.

Pantauan media ini di lapangan, tampak para pelaku UMKM binaan Bank NTT Ruteng memamerkan beragam souvenir yang terbuat dari tenun, seperti topi, tas, dan selendang khas kain Manggarai, serta barang dagangan lainnya.

“Dengan tema Membumi, Bank NTT semakin merakyat sesuai dengan nama dan trah (BPD) selalu membangun rakyat baik di kota maupun di desa dan itu yang terus menjadi spirit kami baik sekarang, dulu maupun ke depan,” ujar Kepala Bank NTT Cabang Ruteng Romi Radjalangu.

Ia menjelaskan, ada sejumlah program yang dilahirkan oleh Bank NTT dalam rangka memperingati HUT ke-61. Salah satunya adalah membantu masyarakat memperoleh akses air bersih.

“Program ini kita bekerjasama dengan PDAM untuk memberikan sambungan air bersih bagi penduduk seluruh desa yang ada di Kabupaten Manggarai. Sehingga setelah ini kita akan memberikan sosialisasi bersama PDAM untuk bagaimana pelaksanaan itu,” katanya.

Hal lain yang dilakukan oleh Bank NTT adalah digitalisasi sistem laporan keuangan, tidak saja di tingkat Kabupaten, namun sampai ke desa lewat aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

“Artinya selama ini Bank NTT mendigitalisasi, bukan saja di Manggarai tapi sampai di desa. Oleh karena itu kerjasama dari stakeholder tentunya sangat kami harapkan, karena tanpa kerjasama ini Bank NTT tidak maju,” jelasnya.

BACA JUGA:  Berkas Perkara Kasus Pungli di Disdukcapil Manggarai Dilimpahkan ke Kejaksaan

Ditanya soal peran Bank NTT untuk menurunkan angka kemiskinan di NTT, dengan tegas Romi menyampaikan, selama ini Bank NTT telah memiliki program yang tentunya akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kalau Bank NTT mempunyai program yang namanya Mikro Merdeka, ini ditujukan seluruh masyarakat NTT untuk meningkatkan kehidupan ekonominya, dan keunggulannya dia mampu memberikan kredit tanpa bunga dan anggunan. Jadi itulah bentuk sumbangsih Bank NTT dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Dengan demikian, di HUT Bank NTT yang ke-61 ini, pihaknya berkomitmen terus memberikan pelayanan yang terbaik, sesuai moto Bannk NTT melayani lebih sungguh.

“Ya, tetap melayani lebih sungguh, tentunya sebagai BPD untuk sama-sama membangun daerah,” tutupnya.

Terpisah Maria I Maun (53) warga Desa Golo Muntas, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, yang merupakan pelaku UMKM binaan Bank NTT mengaku sangat senang dengan dukungan dari Bank NTT, yang selama ini memberikan Kredit Merdeka.

Dengan Kredit ini, produk andalan Maria yakni minyak kelapa mampu berkembang dengan baik.

“Kami senang Bank NTT selalu mengunjungi kami. Kunjungan Bank NTT ke desa-desa ini membuat kami senang, karena dulu di kota saja sekarang sudah sampai desa memperhatikan orang-orang kecil,” kata Maria kepada KORANNTT.COM.

“Sehingga saya bersyukur dan mudah-mudahan Bank NTT tetap jaya supaya generasi di belakang juga tetap mengerti apa artinya binaan Bank NTT,” sambungannya. (*)