Daerah  

Gubernur VBL Berkunjung ke TTS, Apresiasi Penanganan Stunting di Puskesmas Fatumnutu

Angka Stunting di Puskesmas Induk Fatumnutu mengalami penurunan dari 85 menjadi tinggal 32 anak.

Gubernur VBL Berkunjung ke TTS. (Foto: Biro Adpim)

So’e, KN – Usai melakukan Kunjungan Kerja di Kecamatan Amabi Oefeto Timur Kabupaten Kupang, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) melanjutkan kunjungan ke Desa Fatumnutu Kecamatan Polen Kabupaten Timor Tengah Selatan pada pada Senin 10 April 2023.

Setibanya di Desa Fatumnutu, Gubernur VBL bersama rombongan disambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan Edison Sipa dan juga dengan tarian penyambutan oleh para siswa SMP Satap Fatumnutu.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan Edison Sipa menjelaskan, Program TJPS (Tanam Jagung Panen Sapi) di Desa Fatumnutu selurunya seluas 5 Hektar yang di kelola oleh 3 kelompok Tani.

“Saat ini untuk mempermudah mobilisasi masyarakat, perbaikan jalan menuju desa Fatumnutu telah terlaksana sepanjang 1,2 Km diharapkan dapat dilanjutkan,” kata Edison

Sementara itu, Gubernur VBL menyampaikan apresiasi kepada Puskesmas Induk Fatumnutu yang telah menekan angka stunting dengan Angka stunting di Puskesmas Induk Fatumnutu yang penurunan dari 85 anak menjadi 32 anak. Untuk Desa fatumnutu dari 24 anak pada tahun 2022 mengalami penurunan menjadi 17 anak pada 2023.

“Kita apresiasi kepada Kepala Puskesmas Fatumnutu bersama jajarannya dan juga semua pihak yang berperan dalam penurunan stunting,” ungkap Gubernur.

BACA JUGA:  Koordinator Srikandi PLN Bali-Nusra Raih Pos Kupang Award

Gubernur juga memberikan arahan terkait Pemberdayaan Kaum Muda Desa Fatumnutu dengan pemanfaatan lahan desa melalui upaya koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT, untuk mendapatkan benih dan bibit yang dapat dibudidayakan oleh kaum muda sehingga kaum muda bisa lebih produktif.

Pada kesempatan yang sama dilaksanakan pemberian bantuan Hortikultura kepada Kelompok Tani oleh Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT selanjutnya pemberian bantuan bubuk abate kepada Puskesmas Induk Fatumnutu oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Pencatanan Sipil Provinsi NTT Ruth Laiskodat.

Juga pemberian bantuan 2500 benih ikan Nila dari Dinas Kelautan dan Perikanan NTT serta pemberian bantuan dari Dinas sosial berupa beras 5 ton.

Turut Hadir dalam Kegiatan kali ini adalah Staf Ahli Gubernur Bidang Kesejahteraan Rakyat dr. Messerassi V.B. Ataupah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Linus Lusi, Kepala Dinas PUPR Maxi Nenabu, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT Prisila Parera, Plt Kepala Biro Umum Erik Mela dan Dirut Bank NTT Alexander Riwu Kaho. (Biro Adpim)