Aset KSP Kopdit Mawar Moe Tahun 2022 Sebesar 28 Miliar, Anggota 5.600 Orang

Ketua Pengurus KSP Puskopdit Mawar Moe ini minta kepada Bupati Manggarai untuk memberikan dukungan kepada anggota.

RAT KSP Kopdit Mawar Moe. (Foto: Yhono Hande)

Ruteng, KN – Total aset dan jumlah anggota di KSP Kopdit Mawar Moe sebesar 28.197.229.530, dan anggota sebanyak 6.500 orang dalam Tahun Buku (TB) 2022.

Hal ini disampaikan oleh Ketua KSP Kopdit Mawar Moe Yosep Sudarso dalam sambutan pada kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) TB ke XXIV yang bertajuk “Bersatu Menuju Kemandirian Ekonomi Anggota Yang Berkelanjutan” pada Sabtu, 25 Maret 2023 pagi.

Kegiatan RAT ini dilaksanakan di Aula MCC Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Manggarai diwakili Plt. Dinas Koperasi dan UMKM, Camat Langke Rembong, Ketua Puskopdit Manggarai, Manajemen Pengurus KSP Kopdit Mawar Moe dan Ribuan Anggota yang tergabung dalam KSP Kopdit Mawar Moe.

“Hari ini adalah RAT yang ke XXIV TB 2022, dalam perjalanan sampai akhir tahun buku 2022 begitu banyak dukungan dan partisipasi anggota seluruhnya, sehingga berkat kerjasama itu bisa mengumpulkan 5.600 orang di akhir tahun 2022. Dari sini kita membangun kekuatan besar sehingga kita boleh memiliki aset yang lumayan besar dengan jumlah 28.197.229.530,” ujar Yosep Sudarso.

Menurutnya, uang yang begitu banyak punya maanfaat besar untuk anggota. Artinya banyak anggota yang merasakan manfaatnya.

“Ada yang mau buka minimarket, usaha tenun, membangun rumah, membuka bengkel, kemudian pengumpul komoditi dan masih banyak hal-hal lainnya yang bermanfaat bahwa pentingnya berkoperasi baik suka maupun duka. Termasuk santunan duka dalam kebersamaan di Mawar Moe, hal yang kami merasa bangga karena ini adalah ending kita bersatu,” ungkapnya.

Meski demikian, Ketua Pengurus KSP Puskopdit Mawar Moe ini minta kepada Bupati Manggarai untuk memberikan dukungan dan perhatian terhadap usaha yang dijalankan dari anggota koperasi tersebut.

“Begitu banyak UMKM yang telah banyak dibina di bawah naungan kami untuk memberikan mereka dukungan khususnya Bimtek khusus kepada anggota yang telah memiliki usaha. Selama ini Mawar Moe telah membuat satu pasar bersama adalah musim panen jagung dan padi diantara anggota hasilnya 2 ton itu telah dipasarkan diantara anggota,” jelas Yosep Sudarso.

BACA JUGA:  Seorang Terduga Pengedar dan Pengguna Narkotika Ditangkap Aparat Polres Mabar

Karena pada dasarnya, anggota yang tergabung dalam Koperasi ini rata-rata berasal dari kelompok petani.

“Sehingga dengan demikian pemerintah diminta untuk mendukung mereka khususnya dari segi pertanian seperti penyuplaian pupuk yang bersubsidi,” tambahnya.

Sementara Ketua Panitia RAT TB 2022 Safrianus Haryanto Djehaut menyampaikan, pelaksanaan RAT hari ini selalu sentimentil, karena perayaan RAT selalu berdekatan dengan tanggal meninggalnya founder yakni Maria Moe sebagai pendiri awal koperasi.

Ia meyakini, harapan Mawar Moe adalah segala mimpi dan cita-cita yang ia bangun itu, akan menjadi sejarah yang akan diwariskan kepada keturunannya.

Selain itu Jefrin juga mengakui, jika RAT tahun ini masih dalam masa pandemi covid 19, artinya situasi ekonomi belum pulih.

“Oleh karena itu hari ini kita sampaikan bahwa kita sedang pelan-pelan pulih artinya juga kita berkumpul seperti ini sudah menjadi hal yang luar biasa,” ungkap Jefri Haryanto panggilan akrabnya dalam sambutan.

Dikatakannya, pelaksanaan RAT kali ini beberapa perubahan yang kecil diantaranya penekanan pendidikan terhadap anggota.

“Artinya 70% kalau kasi waktu hanya diisi untuk menambah kapasitas kita. Seperti yang kita saksikan disekeliling ruangan RAT, banyak pesan-pesan edukatif di situ, karena kita ingin RAT ini harus berkualitas dan banyak hal yang kita dapat dari sini artinya ilmunya kita dapat,” terangnya.

Sehingga untuk RAT ke depan harus punya keintiman sebagai forum silaturahmi dan reuni untuk menyatukan langkah bersama serta tetap mendapatkan pengetahuan baru tentang koperasi.

Selain itu Kadis Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KB dan P3A) Matim ini menambahkan, jika kali ini beberapa doorprize yang diberikan oleh Koperasi Mawar Moe kepada anggota yang berbeda dengan tahun sebelumnya.

Jika tahun sebelumnya doorprize berupa rice cooker, maka tahun ini doorprizenya berupa beras. (*)