Daerah  

IAKN Kupang Gelar Bhakti Sosial untuk Masyarakat Terdampak Banjir di Naitae

Kegiatan bhakti sosial ini dilaksanakan sebagai wujud nyata pihak Kampus IAKN Kupang dalam memeriahkan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ke 77.

IAKN Kupang Gelar Bhakti Sosial untuk Masyarakat Terdampak Banjir di Naitae. (Foto: Istimewa)

Kupang, KN – Sebagai ungkapan kepedulian dan rasa kemanusiaan jajaran Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang menggelar kegiatan bhakti sosial untuk masyarakat terdampak banjir akibat luapan sungai Siumate.

“Iya, benar; hari ini Bapak Rektor IAKN Kupang bersama perwakilan mahasiswa IAKN Kupang sedang melaksanakan kegiatan bhakti sosial di Desa Naitae Kecamatan Fatuleu Barat Kabupaten Kupang,” tandas Kasubag Tata Usaha, Perlengkapan dan Rumah Tangga IAKN Kupang, Difat Saetban, M.Pd.K kepada pers di Kupang, Kamis 12 Januari 2023.

Menurut Difat, kegiatan bhakti sosial ini dilaksanakan sebagai wujud nyata pihak Kampus IAKN Kupang dalam memeriahkan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ke 77.

“Sebagai kampus Kristen Negeri, kami merasa terpanggil untuk peduli dengan sesama saudara yang terdampak banjir di Desa Naitae. Serentak dengan itu, kami juga sedang melaksanakan aneka kegiatan termasuk bhakti sosial dalam rangka ulang tahun ke 77 HAB Kementerian Agama RI,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui sungai Siumate meluap sebagai akibat hujan deras selama seminggu yang lalu sejak tanggal 23 Desember 2022. Kemudian berhenti tanggal 26 Desember 2022. Hujan mulai turun kembali pada tanggal 27 sampai dengan 28 Desember 2022. Akibat hujan tersebut menyebabkan tanggul sungai Siumate ambruk pada pukul 22.40 wita pada tanggal 28 Desember 2022 lalu.

BACA JUGA:  Gelar FPIC di Poco Leok, PLN: Geothermal Energi Alternatif yang Ramah Lingkungan

Akibat meluapnya sungai tersebut mengakibatkan banyak rumah yang terdampak, diantaranya ada 9 rumah hanyut, 10 rumah rusak berat, 6 rumah rusak ringan dan 11 rumah terendam banjir. Saat ini para korban masih berada di posko penampungan yang didirikan sejak tanggal 29 Desember 2022. Diantaranya para korban banjhir ada 16 balita dan 4 ibu hamil.

Rektor IAKN Kupang, Dr. Harun Yeremia Natonis, M.Si didampingi Wakil Rektor II, Maxy Lak’apu, S.Pd., M.Pd.K dan Wakil Rektor III, Soleman Baun, D.Pd., M.Pd.K bersama Ketua Majelis Jemaat GMIT Efrata Siumate, Pdt. Victor Toto, S.Th, Camat Fatuleu Barat, Kandidus Neno, SH dan Kepala Desa Naitae, Kores Abraham Laome mengunjungi lokasi bencana banjir dan menyaksikan langsung keadaan rumah-rumah yang rusak sebagai akibat luapan sungai Siumate. Di sela-sela kunjungan Rektor IAKN Kupang menyerahkan bantuan sembako kepada korban banjir. (*/Vg)