Magang Jurnalistik di Media Pilihan, Begini Tanggapan Mahasiswa Prodi PBSI Unika Santu Paulus Ruteng

Magang dilaksanakan hingga bulan November 2022 mendatang.

Mahasiswa magang bersama dosen pembimbing (Foto: Istimewa)

Kupang, KN – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng magang jurnalistik di media Pos Kupang dan TVRI Kupang selama dua bulan, pertengahan September sampai November 2022.

“Kegiatan ini sebagai implementasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Prodi PBSI Unika Ruteng merupakan salah satu prodi yang lolos PKKM tahun 2022,” ungkap Bernardus Tube Beding, M.Pd. sebagai Dosen Pendamping Lapangan saat dihubungi media ini.

Dosen yang biasa disapa Ama Berno itu mengatakan program magang jurnalistik juga sebagai bukti penerapan visi dan misi Prodi PBSI.

“Magang jurnalistik ini juga merupakan terjemahan praktis dan bukti penerapan salah satu misi Prodi PBSI yakni menghasilkan para wirausahawan bahasa dan sastra. Dan duni a urnalistik menjadi salah satu jalannya, sekaligus untuk membangun profil diri para mahasiswa,” jelas dosen asal Lamalera itu.

Sementara saat penerimaan mahasiswa magang di Pos Kupang, Koordinator Editor Pemberitaan, OMDSMYNovemy Leo mengungkapkan terima kasih kepada Prodi PBSI Unika Santu Paulus Ruteng.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Unika Santu Paulus Ruteng, khususnya Prodi PBSI yang telah memberi kepercayaan kepada Pos Kupang sebagai tempat para mahasswa belajar jurnalistik,” ungkapnya.

“Dalam dua bulan ini saya akan membagi jadwal praktik jurnalistik. Tanggal 23 September—1 Oktober kalian praktik di ruang redaksi. Nanti 2 Oktober—20 November kalian ditempatkan di bagian video dan editing. Selain itu akan ada banyak penulisan dan nanti akan ditugaskan seperti wartawan lainnya untuk kerja lapangan bersama pendamping mereka itu sendiri yaitu wartawan yang bersangkutan selama satu minggu supaya kalian bisa mengetahui semuanya tentang hukum, sosial, ekonomi dan budaya dan akan lebih banyak menulis. Jika kamu beruntung tulisan kamu bisa akan di cetak dan kalian itu berkompetisi juga dan saling berbagi ilmu dan saling shering untuk sama-sama belajar. Kami berharap bukan hanya belajar jurnalistik tapi teman-teman bisa menemukan hal positif sebagai bekal hidup,” lanjut editor yang biasa disapa Novel itu.

Helena Deci, salah satu peserta magang merasa bangga karena diberi kesempatan belajar di Pos Kupang.

“Saya sangat bangga karena diberi kesempatan untuk bermagang di media Pos Kupang dan bisa belajar menjadi jurnalis yang profesional. Saya juga berterima kasih kepada media Pos Kupang sudah menerima kami dengan baik untuk bermagang dan belajar bersama di mediakecintaan masyarakat NTT ini,” ungkap mahasiswa PBSI ini.

BACA JUGA:  Unika Santu Paulus Ruteng Wisudakan 752 Sarjana dan Ahli Madya

Peserta lain, Yosefina Filkanova juga mengucapkan terima kasih kepada Pos Kupang yang telah menerima mereka untuk melaksanakan magang jurnalistik di sini.
“Besar harapan kami sebagai mahasiswa magang agar bisa menjadi jurnalis yang terbaik,” ungkapnya.

Ungkapan senada disampaikan Veronika Sarina Jeliman dan Yosefina Genggeng saat dihubingi media ini.

“Terima kasih kepada Pos Kupang yang telah memberi izin kami mahasiswa Prodi PBSI Unika Santu Paulus Ruteng untuk bermagang disini. Kami merasa sungguh diterima sebagai bagian dari keluarga Pos Kupang. Semoga Pos Kupang tetap menjadi rumah sumber pengetahuan bagi kami dalam dunia Jurnalistik,” papar mereka.

Antonius Gatul, salah satu peserta magang juga mengungkapkan harapannya.

“Saya menyampaikan terima kasih banyak kepada pihak Pos Kupang yang telah menerima kami untuk belajar bersama selama dua bulan kedepan. Semoga dalam dua bulan kedepan ini kami menjadikan Pos Kupang sebagai rumah sendiri yang dimana, kami akan belajar bersama mencari tau lebih dalam tentang apa itu jurnalistik. Harapannya kami bisa beradaptasi dengan segala situasi disini, khususnya di Pos Kupang semoga menjadi tempat belajar yang aman dan nyaman,” ungkapnya.

Testimoni Sofiani Dauk, sebagai mahassiwa magang juga mengungkapkan terima kasih kepada Pos Kupang.

“Terima Kasih banyak bagi Pos Kupang, sudah memberikan kami kesempatan untuk belajar banyak di sini. Pos Kupang menjadi pilihan yang terbaik untuk kami belajar di dunia Jurnalistik. Pembentukan karakter kami untuk menjadi jurnalis yang bertanggung jawab semoga dapat di sempurnakan di sini. Semoga ini menjadi kesempatan yang tidak terbuang begitu saja untuk kami bisa belajar,” ungkapnya.

Kegiatan magang jurnalistik oleh mahasiswa Prodi PBSI Unika santu Paulus Ruteng telah berlangsung sejak tanggal 23 September 2022. Sementara magang jurnalistik di TVRI akan dimulai pada Senin, 26 September 2022.
Mahasiswa yang bermagang di Pos Kupang, yakni Helena Deci, Yosefina Genggeng, Yosefina Filkanova, Veronika Sarina Jeliman, Apolonius Jantur, dan Antonius gatul. Sementara mahassiwa yang bermagang di TVRI yakni Ronaldus Jehatu, Sofiani Dauk, dan Yohana C. Daman. (*/KN)