Bisnis  

Terima Kredit Merdeka Bank NTT, Femi Meok: Prosesnya Mudah dan Sangat Membantu

Penyerahan Kredit Merdeka berlangsung setelah upacara HUT ke-77 kemerdekaan Indonesia di halaman depan Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur NTT, Rabu 17 Agustus 2022.

Kepala Kejaksaan Tinggi NTT Wisnu Hutama, SH.,MH menyerahkan secara simbolis fasilitas Kredit Mikro Merdeka kepada kelompok peternak asal Kabupaten Kupang. (Foto: Ama Beding)

Kupang, KN – PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank NTT menyerahkan Kredit Merdeka kepada sejumlah peternak yang ada di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Penyerahan Kredit Merdeka berlangsung setelah upacara HUT ke-77 kemerdekaan Indonesia di halaman depan Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur NTT, Rabu 17 Agustus 2022.

Terobosan cerdas Bank NTT melalui program Kredit Merdeka dinilai sangat membantu pelaku usaha, pedagang pasar, dan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketua Kelompok Wanita Tani Hijau Makmur Femi Meok mengatakan, sejak kelompok tani dibentuk tahun 2007 silam, pihaknya baru mendapatkan bantuan berupa Kredit Mikro Merdeka seperti yang disalurkan Bank NTT.

“Baru kali ini kelompok kami menerima Kredit Mikro Merdeka dari Bank NTT. Jadi bukan mematikan semangat kami, tetapi justru membakar semangat kami untuk terus bekerja,” ujar Femi Meok kepada awak media.

Kelompok tani yang berlokasi di Desa Fatukanutu, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang ini tidak saja bergerak pada sektor pertanian. Tetapi juga bergerak pada bidang peternakan.

“Kami pernah mendapat bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Kupang. Tetapi untuk Kredit Merdeka, baru kali ini kami dapat dari Bank NTT sebesar Rp150 juta,” jelasnya.

Menurut Femi Meok, Kredit Mikro Merdeka Bank NTT sangat membantu masyarakat di NTT, dan mereka sama sekali tidak menemukan masalah atau kesulitan dalam proses administrasi pengurusan.

BACA JUGA:  Bank NTT Boyong Tiga Penghargaan Bergengsi di Ajang Top BUMD Awards 2022

“Kami merasa prosesnya sangat muda dan membantu kami. Karena kredit ini semacam KUR Merdeka. Jadi itu sangat membantu, dan tidak ada kesulitan apapun,” terangnya.

Ia menjelaskan, memang dalam Kredit Mikro Merdeka ini ada pengembalian. Sehingga bantuan sebesar Rp150 juta dari Bank NTT akan dimanfaatkan untuk membeli ternak sapi, dan penggemukan ternak.

“Memang ada pengembalian. Maka kami berencana membeli ternak sapi dan penggemukan selama 6-9 bulan. Kalau berhasil, kami akan kembalikan modalnya, dan bunganya akan dibagi secara merata ke anggota,” terangnya.

Dengan demikian, Femi Meok mewakili kelompok tani lain sangat bersyukur, dan berharap Bank NTT tetap menjadi bank kebanggaan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Karena adanya kredit ini sangat membantu kami. Jadi kami tetap berdoa biar Bank NTT selalu jaya ke depan, dan tetap membantu masyarakat dengan menyalurkan kredit untuk masyarakat,” ungkap Femi.

Ia menambahkan, dirinya merasa bangga dan bersyukur, karena bisa hadir dan mengikuti acara HUT ke-77 RI Tahun 2022 bersama Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi beserta unsur Forkopimda dan jajarannya.

“Sejak kelompok ini dibangun, baru hari ini kami pernah mengikuti HUT ke-77 RI bersama Bapak Gubernur NTT. Sehingga ini menjadi satu kebanggaan yang luar biasa bagi kami, khususnya Kelompok Wanita Tani Hijau Makmur,” pungkasnya.(*)