Ini Syarat Gabung Karang Taruna Kota Kupang, Bakal Dapat Fasilitas Kredit dari Bank NTT

Skim kredit ini cocok untuk warga yang baru merintis usahanya, serta sasarannya adalah UMKM, dengan plafond nilai kredit tertinggi Rp 5 juta.

SEPAKAT. Pimca KCU Bank NTT Kupang, Boy R. Nunuhitu (kanan) bersama Wapimca Soleman Bissilisin saat menerima Ketua Karang Taruna Kota Kupang, Stenly Boymau (dua dari kiri) bersama Dessy Lay (bendahara) dan Plt Sekretaris, Bambang Pellokila. Foto: Istimewa.

Kupang, KN – Organisasi Karang Taruna Kota Kupang benar-benar punya perhatian terhadap kesejahteraan dan pengembangan ekonomi ratusan kader yang telah bergabung.

Salah satu langkah cerdas yang diambil oleh Ketua Karang Taruna Kota Kupang Stenly Boymau, adalah membangun kerja sama dengan pihak Bank NTT.

Kerja sama ini merupakan wujud dari program pemberdayaan dan peningkatan ekonomi ratusan kader yang tergabung dalam Karang Taruna Kota Kupang.

Demi memperlancar kerja sama maka belum lama ini pengurus harian Karang Taruna Kota Kupang yakni Stenly Boymau (Ketua), didampingi Dessy Lay (Bendahara) dan Bambang Pellokila (Plt Sekretaris), bertemu Pimpinan Cabang Kantor Cabang Utama (KCU) Bank NTT Kupang.

Mereka diterima langsung oleh Pemimpin Cabang Utama Bank NTT Boy R Nunuhitu di kantornya. Saat itu, Boy yang didampingi Wakil Pimpinan Cabang Bidang Bisnis, Soleman Bissilisin, menerima tim Karang Taruna dan menyambut baik terobosan ini.

Ketua Karang Taruna Kota Kupang mengatakan bahwa, Kota Kupang adalah kota jasa, di mana seluruh sektor bisa dimanfaatkan sebagai pemasukan. Di satu sisi, tingkat pengangguran di kota ini lumayan tinggi sedangkan jumlah lowongan pekerjaan pun minim.

“Inilah yang menjadi panggilan kami sebagai organisasi kader untuk hadir memfasilitasi setiap kader yang mau berusaha namun ketiadaan modal. Organisasi ini adalah media yang sejatinya melaksanakan tugas-tugas sebagai fasilitator, sehingga kami ingin agar dengan kerjasama ini mereka bisa menikmati keberhasilan seperti yang dirasakan orang lain,” kata Stenly Boymau.

Pihaknya bersyukur karena setelah bertemu dengan pihak Bank NTT, mereka diterima secara baik, dan ide ini langsung dieksekusi oleh perbankan.

Diakui Stenly, saat itu disepakati untuk pihak Karang Taruna Kota Kupang memfasilitasi pihak perbankan dengan pengurus di tingkat kelurahan untuk selanjutnya penjaringan dilakukan oleh organisasi di kelurahan. Setelah data-data itu terkumpul, akan diserahkan ke pihak perbankan untuk diverifikasi dan dilakukan sosialisasi.

“Jadi dalam kerja sama ini, Karang Taruna memfasilitasi kader dengan pihak perbankan. Selanjutnya akan ada ruang sosialisasi. Kita dilayani dengan Skim Kredit Mikro Merdeka, atau kredit tanpa anggunan dan tanpa bunga,” jelas Stenly menambahkan.

BACA JUGA:  Ombudsman NTT Apresiasi Langkah Cerdas George Hadjoh Buka Layanan Pengaduan Warga

Pada segmen sosialisasi inilah, calon penerima silahkan bertanya seperti apa proses administrasi serta mekanisme angsurannya.

Pihak Karang Taruna Kota Kupang sementara melakukan rekapitulasi terhadap data yang diserahkan baik oleh pengurus kelurahan maupun perseorangan yang menghubungi langsung pengurus kota. Hingga kini, jumlah keseluruhannya hampir mencapai 100 orang. Data ini masih akan terus berubah, karena sejumlah kelurahan belum memasukkan datanya.

Pada kesempatan yang sama, Stenly menambahkan, pihaknya tidak hanya fokus pada penanganan masalah di moment tertentu, melainkan Karang Taruna Kota Kupang pun mendesain sebuah program yang nantinya memproteksi masa depan generasi muda kader Karang Taruna.

“Kami memahami, butuh desain yang bagus untuk memperkuat jiwa wirausaha setiap kader dan ini dimulai dari hal kecil. Kami juga memahami bahwa bangsa ini sedang dalam konsep memperkokoh UMKM, dan kami terpanggil ikut menyukseskannya. Kiranya sedikit kontribusi ini berdampak pada kesejahteraan dan kemapanan ekonomi kader kami,” tutup Stenly.

Sementara Pemimpin Cabang Bank NTT KCU Kupang, Boy R. Nunuhitu menyambut baik kunjungan ini. “Kami sangat berterimakasih kepada Karang Taruna Kota Kupang yang memiliki ide memfasilitasi kader mereka memperoleh kredit. Memang di Bank NTT kami siapkan skim kredit Mikro Merdeka yakni kredit tanpa anggunan dan tanpa bunga,” tegas Boy dan menambahkan, akan ada ruang sosialisasi sehingga setiap calon penerima bisa memanfaatkan ruang ini untuk bertanya.

Skim kredit ini cocok untuk warga yang baru merintis usahanya, serta sasarannya adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dengan plafond nilai kredit tertinggi Rp 5 juta.

Data yang dihimpun, hingga saat ini tak sedikit masyarakat Kota Kupang yang usahanya sukses dengan jenis kredit ini, malah ada yang sudah melakukan top up nilai kreditnya menjadi lebih besar seiring bertumbuhnya usaha mereka.

Bagi siapapun yang mau bergabung dengan Karang Taruna Kota Kupang, cukup menyiapkan KTP serta KK, dan menghubungi Karang Taruna Kota Kupang. Kontak person Stenly Boymau/ketua (WA: 08123781328) atau Bambang Pellokila/Plt Sekretaris +62 822-4726-3138. (***)