Bisnis  

B’Pung Mobile Bank NTT Hadirkan Fitur BI-Fast, Transfer Lebih Cepat, Aman, dan Murah

Fitur BI-Fast B'Pung Mobile (Foto: Ig. Bank NTT)

Kupang, KN – PT. Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur kembali menghadirkan inovasi-inovasi cerdas dalam pelayanan kepada nasabah.

Kali ini, Bank NTT menghadirkan fitur BI-Fast dalam aplikasi mobile banking yang diberi nama B’Pung Mobile.

Dengan menggunakan fitur BI-Fast, nasabah akan menikmati proses transfer internal dan antar bank yang lebih cepat, aman, mudah dan tentunya lebih murah.

BI-FAST adalah infrastruktur sistem pembayaran yang disediakan bank sentral yang dapat diakses melalui aplikasi yang disediakan industri sistem pembayaran dalam memfasilitasi transaksi pembayaran ritel bagi masyarakat.

Implementasi BI-FAST bertujuan mewujudkan terciptanya layanan sistem pembayaran yang Cemumuah (Cepat, Mudah, Murah, Aman, Andal), untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi dan mendorong pertumbuhan, serta inklusi ekonomi dan keuangan.

Keunggulan BI-FAST

Untuk diketahui, skema harga BI-Fast terhitung murah untuk melayani kebutuhan masyarakat. Skema harga BI-Fast dari BI ke peserta ditetapkan Rp19 per transaksi, sementara dari peserta ke nasabah ditetapkan maksimal Rp2.500 per transaksi.

Nilai tersebut lebih murah dibandingkan dengan tarif SKNBI yang dipatok maksimum Rp2.900 per transaksi. Adapun, batas maksimal transfer BI-Fast Rp250 juta, sedangkan minimal transfer Rp1.

BACA JUGA:  Bank NTT Gelar Buka Puasa Bersama, Dirut Alex: Bulan Ramadhan Momen Membangun Silaturahmi

Selain itu, layanan BI-Fast akan memungkinkan nasabah melakukan transfer secara daring hanya melalui informasi nomor ponsel atau alamat email penerima.

Tak hanya itu, BI menetapkan batas maksimal transfer lewat BI-Fast sebanyak Rp250 juta, sedangkan minimal transfer Rp1. BI-Fast juga lebih fleksibel dibandingkan sistem pembayaran Real Time Gross Settlement (RTGS), yang menetapkan dana transfer Rp100 juta – Rp250 juta.

Berikutnya, keunggulan dari layanan BI-Fast adalah kecepatan waktu penyelesaian pembayaran, yakni hanya sekitar 25 detik.
Dengan waktu penyelesaian yang lebih cepat, menjadikan BI-Fast berbeda dengan model transaksi SKNBI, yang terbatas pada jam-jam tertentu untuk transaksi dalam jumlah besar.

Untuk diketahui, layanan BI-Fast akan diperluas secara bertahap mencakup layanan bulk credit, direct debit, dan request for payment. (*)