6 Bulan Jadi Plt. Kakanwil Kemenag NTT, Hasan Manuk Tampilkan Kinerja Terbaik

  • Bagikan
H. Hasan Manuk / Foto: Ig Kanwil Kemenag NTT

Kupang, KN – H. Hasan Manuk, S.Pd.,M.Pd resmi melepaskan jabatannya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTT.

Ia resmi digantikan oleh Reginaldus S. S. Serang yang dilantik menjadi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTT, oleh Menteri Agama Republik Indonesia pada Jumat 8 Oktober 2021.

Di balik ucapan selamat dan proficiat untuk Kakanwil Kemenag Provinsi NTT yang baru dilantik, tersemat ucapan terima kasih kepada mantan Plt. Kakanwil H. Hasan Manuk.

Ucapan tulus itu disampaikan para pejabat Kemenag se-NTT, juga para staf atas kinerja terbaik yang ditampilkan H. Hasan Manuk selama 6 bulan mengabdi terhitung sejak 1 April 2021.

Selama 6 bulan menjabat, berbagai inovasi terus dilakukan. Salah satu inovasi yang paling memantik di dunia pendidikan agama dan keagamaan di NTT, adalah kolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi, S.Pd.,M.Pd. 

Saat itu, H. Hasan Manuk melaksanakan kunjungan pertama ke Pulau Alor. Kegiatan ini merupakan kerjasama yang pertama terjadi, dan dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab dalam pengelolaan pendidikan di bumi flobamora Nusa Tenggara Timur.

Alor dipilih sebagai embrio awal sebagai pijakan dalam membentuk jaringan tali silaturahmi antara dua instansi yang mengelola pendidikan. Alur kunjungaan hari pertama diawali ke SMAK St. Yoseph Kalabahi, kemudian ke SMAN 1 Kalabahi Alor dan berakhir di MAN 1 Alor.

Dari Alor, safari pendidikan dilanjutkan di Kabupaten Lembata.  Tiba di Lembata pada Rabu, Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi NTT dan Kepala Dinas P dan K Provinsi NTT, langsung melakukan pembinaan ASN bagi segenap ASN/Guru Kemenag Lembata serta ASN/Guru Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lembata, bertempat di Aula Fraternitas milik SMAS Frater Don Bosco Lewoleba di Lamahora, setelah sebelumnya melakukan monitoring pendidikan pada SMAK St. Yakobus Rasul Lewoleba.

Perjalanan ketiga dilakukan ke Kabupaten Ende dengan agenda yang sama, yakni safari pendidikan. Dalam kegiatan itu, mantan Plt. Kakanwil Kemenag NTT bersama Kadis P dan K Provinsi NTT melaksanakan kegiatan kunjungan kerja di sekolah-sekolah Kabupaten Ende selama 2 hari.

BACA JUGA:  Digadang Jadi Calon Bupati Ende, Ini Respons Dominicus Gadi Djou

Ada agenda tatap muka bersama Bupati Ende, dan memberikan penguatan serta pembinaan ASN di  Sekolah Menengah Agama Katolik Negeri (SMAKN) Ende, Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) Ende, SMA Negeri Pulau Ende Serta Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Nurul Ummah Pulau Ende.

Kinerja terbaik yang ditampilkan oleh Plt. H. Hasan Manuk di lapangan, berbanding lurus dengan kesuksesan mengeksekusi program kerja yang sudah tersusun dalam Renstra atau rencana strategis.

Terbukti, Kanwil Kemenag Provinsi NTT berhasil beberapa penghargaan dari DJPB NTT. Kanwil Kemenag NTT juga berhasil mendapat penghargaan sebagai Satker terbaik kedua dalam kinerja pengelolaan anggaran semester 1 tahun 2021, kategori satker dengan pagu sedang.

Prestasi ini pun diikuti satker-satker di daerah, dalam koordinasi H. Hasan Manuk bersama para KPA satker di lingkup Kanwil Kemenag NTT.

Setiap Orang Ada Masanya

“Setiap orang ada masanya, setiap masa ada orangnya,” kata-kata yang sangat berkesan ini selalu disampaikan Plt. Kakanwil H. Hasan Manuk.

Kabag Tata Usaha Kakanwil Kemenag NTT itu adalah orang yang selalu cermat dalam berpikir, bertindak dan mengelola hatinya.

Berulang kali, di hadapan semua pejabat dan peserta kegiatan dari bidang manapun di lingkup Kanwil Kemenag NTT, H. Hasan Manuk selalu mengingatkan bahwa dirinya mengemban jabatan Plt, bukan Kakanwil.

“Saya khawatir jadi Plt terlalu lama, dan akhirnya merasa jadi Plt rasa Kakanwil. Plt jadi bermakna lain, bukan lagi pelaksana tugas, tapi pejabat lama tak tentu,” ujar H. Hasan Manuk dalam jokenya, yang disambut gelak tawa semua pejabat Kakanwil NTT.

Sejak awal menjabat, mantan Plt. Kakanwil Kemenag NTT sudah menyampaikan tidak turut mencalonkan diri jadi peserta asesmen calon Kakanwil Kemenag NTT.  

Meski tidak lagi menjabat sebagai Plt. Kakanwil NTT, namun kinerja terbaik yang sudah terealisasi selama 6 bulan terakhir telah menjadi embrio, untuk melaju ke depan bersama Kakanwil yang baru, dan menutup kinerja Kanwil Kemenag NTT di akhir tahun 2021 dengan catatan emas. (Humas Kanwil Kemenag NTT)

  • Bagikan
error: Content is protected !!