Galeri Songke Menjawab Kebutuhan Perajin Tenun di Lamba Leda Utara

  • Bagikan
Galeri Songke Lamba Leda Utara / Foto: Yhono Hande

Borong, KN – Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur melalui Kecamatan Lama Leda Utara meresmikan Galeri Songke. Tempat itu akan menjadi wadah bagi para perajin tenun ikat Songke di Kecamatan Lamba Leda Utara, untuk memasarkan produk kerajinan mereka.

Pantauan awak media, kegiatan peresmian dilaksanakan pada Kamis 2 September 2021. Galeri Songke dibuat di depan lobi Kantor Kecamatan Lamba Leda Utara, tepatnya di Desa Satar Padut.

Akses menuju Galeri Songke mudah dijangkau, harganya lebih murah, dan terdapat pilihan songke dalam berbagai corak, mulai dari topi, selendang, sarung, hingga kain untuk jas atau baju motif Songke Lamba Leda.

Camat Lamba Leda Utara, Agus Supratman mengatakan, kehadiran Galeri Songke Lamba Leda Utara, semata-mata untuk menjawab kebutuhan perajin tenun yang ingin memasarkan hasil produksi mereka.

“Kami bantu penenun, untuk pasarkan hasil produksi mereka melalui galeri ini. Tidak sebatas buka galeri untuk tempat promosi,  kami juga bantu cari pasar dalam jumlah besar, dengan jaminan harga distributor untuk semua jenis produk tenunan atau karya seni tenun milik warga,” ucap Agus kepada Koranntt.com, melalui pesan WhatsApp.

Agus mejelaskan, pihaknya tidak berbisnis dengan warganya sendiri, namun ingin mengajarkan warga untuk berbisnis. 

“Jangan dianggap kami sedang berbisnis dengan warga kami sendiri.  Nanti salah paham dan salah tafsir soal kata bisnis ini.  Di sini kami mengajarkan warga untuk berbisnis. Karena warga sendiri yang tentukan harga, kami hanya sebatas menyediakan tempat, pola alur serta administrasi bisnisnya, agar terarah dan berdaya saing,” jelas Agus. 

BACA JUGA:  Assessment Center di NTT Bakal Jadi Center of Excellence untuk Indonesia Timur

Agus berharap, pihak-pihak yang memiliki akses pasar tenun ikat untuk bekerja sama dengan pihak Galeri Songke Lamba Leda Utara.

“Saya harap bagi pihak yang punya akses pasar tenun ikat songke untuk bekerja sama dengan Gallery kami, agar bisa membantu warga kami dalam mempertahankan usaha tenun ikat di masa pandemi COVID-19 ini,” harap Agus

Ia mengajak semua pihak yang memiliki kepedulian yang sama bagi wirausaha kecil, dan menengah di bidang tenun ikat songke, untuk berkolaborasi bahu membahu mengangkat pasar Songke Lamba Leda Utara ke level yang lebih pantas.

Untuk diketahui, Galeri Songke Lamba Leda Utara di Kecamatan LAUT dibentuk berkat kerjasama tiga unsur, dengan perannya masing masing.

Tiga unsur itu adalah penyuplai bahan tenunan atau karya seni tenun ikat Songke Lamba Leda sebagai unsur pertama, dan unsur kedua adalah pihak Pemerintah Kecamatan sebagai fasilitator dan mediator, serta pihak TP-PKK Kecamatan sebagai pengelola Galery. (*)

  • Bagikan