Bayi Lahir Tanpa Anus di Manggarai Butuh Uluran Kasih untuk Biaya Operasi

Bayi Rafael / Foto: Yhono Hande

Ruteng, KN – Seorang bayi yang berusia 15 hari asal Kampung Bere, Desa Bangka Ajang, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) hidup tanpa anus.

Bayi dari sang buah hati Ibu Wihelmina Nia dan Melkior Tunti, Rafael lahir pada tanggal 13 Juni 2021, di Puskesmas Pau, Desa Bangka Ajang dan saat ini sedang dirawat di ruang perawatan anak RSUD Ben Mboy Ruteng.

Hingga kini Keluarganya sedang berupaya mencari biaya untuk operasi Rafael di Rumah Sakit di Pulau Bali sebab Rafael adalah lahir dari keluarga yang tidak mampu

“Kami tidak punya banyak uang untuk operasi anak pertama kami sehingga kami butuh bantuan,” ungkap Ayah Rafael kepada media ini, Senin (28/6/2021).

Senada dengan Ibunda Rafael Wihelmina, bahwa suaminya telah berupaya mencari biaya untuk operasi anaknya dengan bekerja sebagai petani.

“upah yang kami dapat belum cukup untuk biaya operasi anaknya di Bali, Denpasar.” Ungkapnya.

Ia mengungkapkan bahwa operasi anaknya hanya bisa dilakukan di rumah sakit yang ada di Bali, tepatnya di Denpasar dengan biaya yang cukup besar. Karena itu, dia membutuhkan uluran tangan untuk biaya operasi anaknya.

“Dana yang dibutuhkan untuk operasi sangat besar, kami tidak memiliki uang yang cukup,” tuturnya.

Dikisahkan, bayi Rafael diketahui tak memiliki lubang anus setelah dilahirkan di Puskesmas Pau 15 hari yang lalu. Dokter di RSUD Ruteng sudah membuat lubang buatan sementara di bagian perut agar Rafael bisa buang air besar.

BACA JUGA:  Wali Kota Kupang Terima Kunjungan Danlanud El Tari, Ini yang Dibahas

Mendengar informasi tersebut, petugas Bhabinkamtibmas Kelurahan Watu Bripka Andi Darma, sempat berkonsultasi dengan dokter anak yang menangani bayi tersebut.

Menurut keterangan dari dokter pada Senin (28/6), bayi tersebut harus sesegera mungkin dioperasi untuk pembuatan lubang anusnya.

Bayi tersebut rencananya akan dirujuk ke RS Sanglah Denpasar, Bali karena fasilitas di RSUD Ruteng belum memadai.

Kedua orang tua bayi Rafael saat ditemui media ini hanya pasrah pada keadaan, karena ekonomi keluarga mereka sangat tidak mampu.

Sebelumnya bayi Rafael telah mendapatkan bantuan perdana dari Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigdo S.I.K.

Jika Bapak Ibu sekalian ingin membantu biaya operasi bayi Rafael
Bisa disalurkan melalui Nomor Rekening BRI 4730-01-044259-53-9 atas nama Melkior Tunti (Bapak dari bayi Rafael)

Atau jika bapak ibu ingin menyerahkan bantuan secara langsung bisa menghubungi orang tua bayi Rafael di nomor HP. 081238194270 atau bisa menghubungi petugas Bhabinkamtibmas Kelurahan Watu melalui nomor HP 082144161359 atas nama Bripka Andi Darma. (*)