Belasan Ribu Rumah dan Fasilitas Umum di Sabu Raijua Rusak Berat

Kantor Bupati Sabu Raijua rusak berat akibat badai siklon tropis seroja pada Senin 5 April 2021 / Istimewa

Kupang, KN – Badai Siklon Tropis Seroja yang melanda Kabupaten Sabu Raijua beberapa waktu lalu, menyisakan duka dan berbagai persoalan bagi warga dan pemerintah.

Penjabat Bupati Sabu Raijua, Doris A. Rihi kepada Koranntt.com, Kamis 8 April 2021 mengatakan, ada sejumlah fasilitas umum dan rumah milik warga yang rusak parah.

“Ada sejumlah kerusakan pada rumah warga, sekolah, gereja, fasilitas umum seperti kantor, rumah sakit, dan puskesmas yang mencapai 12 ribu unit lebih,” kata Doris Rihi via pesan singkat WhatsApp.

Menurutnya, saat ini aktivitas masyarakat dan pemerintahan menjadi lumpuh, karena aliran listrik dan jaringan komunikasi terputus.

Kondisi ini diperparah dengan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang hampir habis, serta akses jalan yang hanya dilalui pada titik tertentu.

BACA JUGA:  Pilkada Sarai Semakin Panas, PDI Perjuangan Dukung TRP-Hegi

Penjabat Bupati Sabu Raijua meminta agar transportasi laut dan udara dapat beraktivitas untuk kelancaran perekonomian di Sabu Raijua.

“Agar bisa memenuhi kuota BBM, sembako, serta menjawabi kebutuhan anak-anak yang akan melanjutkan kuliah ke Kupang, Bali dan Jawa,” jelas Doris Rihi.

“Pada minggu ini, seluruh pegawai dan ASN diwajibkan menggunakan pakaian kerja, untuk membersihkan kantor agar bisa dimanfaatkan.meski masih dalam kondisi rusak. Karena kita tidak ada gedung lain untuk berpindah,” sambung Doris Rihi.

Dia menambahkan, masyarakat Kabupaten Sabu Raijua membutuhkan uluran tangan dan bantuan dari semua pihak karena banyak pengungsi yang rumahnya rusak dan belum diperbaiki.*