Rohani  

Pimca Bank NTT Atambua Didapuk Jadi Ketua Panitia Misa Syukur Uskup Agung Kupang

Pimpinan Cabang Bank NTT Atambua Adrianus M. Pontus (Foto: Ama Beding)

Atambua, KN – Pimpinan Cabang Bank NTT Atambua, Adrianus M. Pontus didapuk menjadi ketua pelaksana acara Misa Syukur Tahbisan Episkopal Uskup Agung Kupang, Mgr Hironimus Pakaenoni, Pr.

Adi Pontus dipercaya oleh pihak Keuskupan Atambua menjadi ketua panitia Misa Syukur Tahbisan Episkopal Uskup Agung Kupang yang akan berlangsung di kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara.

Kepada media ini, Adi Pontus mengatakan Misa Syukur Tahbisan Episkopal Uskup Agung Kupang adalah rahmat dan sukacita bagi seluruh umat Keuskupan Atambua.

“Umat Keuskupan Atambua perlu mensyukuri ini, karena Mgr Hironimus Pakaenoni adalah Uskup ke 5 dari keuskupan Atambua. Oleh karena itu Rahmat ini perlu untuk disyukuri secara khusus oleh umat keuskupan Atambua,” ungkap Kepala Bank NTT Cabang Atambua saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (22/5/2024) sore.

Lebih jauh Adi Pontus mengungkapkan bahwa satu minggu setelah pengumuman pengangkatan Mgr Hironimus Pakaenoni pada 9 Maret 2024 lalu, pihaknya memulai rangkaian koordinasi dengan pihak Gereja dan Yubilaris serta keluarga sehingga menyepakati pelaksanaan misa syukur tahbisan Episkopal Uskup Agung Kupang pada 16 Maret 2024 lalu.

“Dan atas kepercayaan yang telah diberikan Gereja Keuskupan Atambua dalam hal ini YM Uskup Atambua, Pastor Paroki serta Mgr Hironimus Pakaenoni sebagai Uskup Agung Kupang yang telah mempercayai saya  sebagai ketua panitia bersama teman-teman yang lain untuk mempersiapkan rangkaian acara misa Syukur.

Dikatakan, berkenaan dengan hal tersebut maka perkenankan saya bersama teman-teman menyampaikan beberapa hal terkait persiapan dan pelaksanaan Misa syukur ini sehingga dapat diketahui oleh umat Keuskupan Agung Kupang maupun umat Keuskupan Atambua yang akan menghadiri perayaan ini sebagai.

1. Telah diputuskan, bahwa pelaksanaan Misa Syukur Tahbisan Episkopal Uskup Agung Kupang Mgr Hironimus Pakaenoni akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2024 di paroki asal atau rumah kediaman orang tua yakni di Paroki St. Antonius Padua Sasi Kefamenanu tepatnya di Taman Doa St. Maria Imaculata Sasi Kefamenanu.

2. Perayaan dilaksanakan secara terbuka dan panitia membukakan ruang seluas-luasnya kepada umat dari keuskupan agung Kupang maupun dari keuskupan Atambua untuk dapat hadir dengan kapasitas tempat yang disiapkan panitia kurang lebih untuk 15.000 umat.

3. Dalam rangka mempersiapkan taman doa Santa Maria Imaculata Sasi sebagai tempat perayaan maka per tanggal 01 Juni 2024 setelah misa penutupan bulan Maria tgl 31 Mei 2024 maka taman doa St. Maria Imaculata akan di tutup untuk umum karena akan dilakukan pengecatan kembali patung Bunda Maria Imaculata Setinggi 12 meter.

Mohon doa kita semua agar cuaca bersahabat sehingga proses pengecatan kembali yang akan memakan waktu maksimal 10 hari, bahan dan alat alat sudah dikirim dari Yogyakarta dan tanggal 30 Mei 2024 para tukang sudah tiba di kota Kefamenanu. Mohon doa agar dapat selesai dengan baik  dan cuaca saat perayaan pun bersahabat sehingga perayaaan dapat dilaksanakan dengan baik.

4. Rangkaian acara akan dimulai dari tanggal 13 Juni 2024 dimana Mgr. Hironimus Pakaenoni akan dijemput oleh umat paroki Noemuti di pos perbatasan Oeprigi, Noemuti kemudian di arak sampai batas kota Kefamenanu patung tiga raja km 9.

BACA JUGA:  Renungan Katolik Minggu, 15 Mei 2022: Kamu Adalah Murid-murid-Ku, Jikalau Kamu Saling Mengasihi

Selanjutnya Uskup Agung Kupang akan diterima secara resmi oleh umat dan pemerintah kabupaten TTU dan kemudian akan di arak ke dalam kota mengelilingi 3 Paroki di kota Kefamenanu sehingga panitia sementara mempersiapkan segala hal. Karenanya umat katolik dan bukan katolik akan terlibat aktif dalam kegiatan ini.

Setelah itu akan Mgr Hironimus Pakaenoni akan dibawa ke paroki St Antonius Padua Sasi untuk diterima dan melaksanakan ibadat penerimaan di dalam gereja.

5. Pada tanggal 13 Juni 2024 malam pukul 19.00 WITA akan dilaksanakan welcome dinner oleh pemerintah Kabupaten TTU di rumah jabatan Bupati bagi Mgr Hironimus Pakaenoni dan rombongan serta tamu VIP lainnya yang telah tiba di kota Kefamenanu.

6. Tanggal 14 Juni 2024 perayaan Misa Syukur dimulai pukul 16.00 WITA dan pukul 12.00 – 14.00 WITA, Pemerintah Kabupaten TTU juga tetap membuka Rumah Jabatan Bupati untuk jamuan makan siang bagi Para Uskup dan Tamu VIP yang baru tiba di Kota Kefamenanu  sekaligus menjadikan rumah jabatan Bupati TTU sebagai titik kumpul bagi Tamu VIP (PJ Gubernur, Forkompinda Provinsi NTT, Anggota DPR-RI, Para Bupati Daratan Timor, Rote, Sabu dan Alor serta tamu VIP lainnya) dan Pukul 15.30 WITA rombongan tamu VIP bergerak ke tempat perayaan di Taman Doa St Maria Imaculata Sasi Kefamenanu.

7. Selama 2 hari dari tanggal 13-14 Juni 2024 akan dilaksanakan expo UMKM di depan pelataran Gereja St Antonius Padua Sasi Kefamenanu sebagai bentuk dan dukungan untuk pruduk UMKM umat katolik di Keuskupan Atambua.

8. Kami menghimbau agar tamu dan undangan agar pada saat perayaan dapat membawa undangan fisik yang telah di kirimkan agar memudahkan bagi panitia dalam pengenalan dan pelayanan”.

9. Bagi tamu dan undangan serta umat yang membawa kendaraan pribadi diharapkan dapat tiba di lokasi perayaan paling lambat 1 jam sebelum perayaan untuk memudahkan panitia dalam pengaturan parkir dan lokasi parkir berada di eks lapangan udara Sasi.

Panitia juga akan menyiapkan shuttle bus untuk memudahkan mobilisasi tamu dan undangan.

10. Bagi bapak/ibu tamu, undangan ataupun umat dari luar kota Kefamenanu yang membutuhkan penginapan di dalam undangan telah kami cantumkan list hotel yang berada di dalam kota Kefamenanu beserta nomor kontaknya. Tapi apabila bapa/ibu, tamu/undangan membutuhkan layanan panitia dapat menghubungi PIC no kontak/wa Panitia: 081353995888.

“Demikian beberapa point yang dapat kami sampaikan terkait persiapan dan pelaksanaan Misa Syukur Tahbisan Episkopal Uskup Agung Kupang Mgr Hironimus Pakaenoni di Kefamenanu,” ungkapnya.

“Mohon doa dan dukungan semua umat baik di Keuskupan Agung Kupang maupun di keuskupan Atambua atau dimana saja berada agar semua persiapan dapat berjalan dgn baik serta pelaksanaan acara berlangsung sukses dan cuaca yang cerah dan bersahabat sejak tanggal 1 Juni 2024 sd 14 Juni 2024. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati, Bunda Maria mendoakan selalu. Pace e Bene!,” pungkas Adi Pontus. (Sumber: Batas Timor)