Daerah  

PLN Siapkan Pengamanan Kelistrikan Jelang Paskah 2024 dan Idul Fitri 1445H

PLN Siapkan Pengamanan Kelistrikan Jelang Paskah 2024 dan Idul Fitri 1445H. (Foto: Humas PLN)

Kupang, KN – Pastikan pasokan listrik handal selama bulan puasa, Perayaan Paskah dan Idul Fitri 1445H, PLN UPT Kupang memasang penghalang binatang masuk ke instalasi gardu induk

Persiapan keandalan sistem menjelang Perayaan Paskah dan Idul Fitri, tim PLN berkolaborasi mempersiapkan keandalan sistem secara baik dari Pembangkit, Transmisi, dan Distribusi serta pelayanan teknik dan personil siaga di  lokasi – lokasi strategis agar saat perayaan Paskah dan Idul Fitri suplay listrik berjalan aman, karena tim teknis sudah melakukan pemiliharaan dan perbaikan secara rutin untuk memastikan kesiapan sistem kelistrikan di seluruh wilayah kerja PLN NTT.

Mengelola aset instalasi penyaluran (transmisi dan gardu induk) dan memelihara aset instalasi untuk menjaga kontinuitas penyaluran tenaga listrik tegangan tinggi secara efisien, andal, dan ramah lingkungan adalah tugas utama Unit Pelaksana Transmisi Kupang.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT, I Gede Agung Sindu Putra menyampaikan kehandalan pasokan energi listrik sangat penting untuk mendukung kenyamanan aktivitas masyarakat, terlebih selama bulan puasa, menjelang perayaan hari raya Paskah dan Idul fitri 1445H.

“Untuk menjaga keandalan sistem transmisi, UPT memantau dan mengendalikan sistem transmisi sepanjang waktu untuk memastikan keandalan pasokan listrik. UPT juga melakukan penjadwalan operasi sistem transmisi untuk memastikan efisiensi dan keandalan sistem, sehingga penyaluran listrik dapat berjalan dengan baik,” ujar Sindu.

Muhammad Husen selaku Manager PLN UPT Kupang menyampaikan potensi gangguan atau hambatan dalam kelancaran operasi instalasi Gardu Induk dapat terjadi baik dari sisi internal maupun eksternal.

Di sisi internal potensi gangguan dapat terjadi karena tidak berfungsinya peralatan tertentu dengan baik pada instalasi Gardu Induk karena faktor usia material atau faktor lainnya pada peralatan, sehingga untuk menjaga instalasi Gardu Induk beroperasi tetap handal, PLN rutin melakukan inspeksi dan menindaklanjutinya bila ditemukan anomali pada instalasi yang ada untuk memastikan peralatan instalasi tetap handal.

BACA JUGA:  Ini Caleg DPRD NTT Dapil 6 yang Berpotensi Lolos, De Rosari Unggul dari Takalapeta

Husen juga menyampaikan potensi gangguan dari eksternal dapat berupa gangguan dari binatang dan lainnya termasuk faktor alam. Untuk melindungi instalasi Gardu Induk dari gangguan binatang dalam hal ini seperti ular dan binatang lainnya, PLN UPT Kupang memasang jaring di sekeliling instalasi Gardu Induk untuk melindungi dari potensi gangguan ular dan binatang lainnya.

“Salah satu sumber penyebab gangguan pasokan energi listrik pada instalasi Gardu Induk adalah masuknya ular dan binatang lainnya di instalasi Gardu Induk yang akan menyebabkan terhentinya penyaluran energi listrik, sehingga untuk mencegah masuknya ular dan binatang lainnya yang menggangu kehandalan pasokan energi listrik, upaya-upaya preventif dilakukan, seperti pemasangan penghalang binatang” ujar Husen.

Philip, salah satu warga di Penfui Kabupaten Kupang, menyampaikan terima kasih kepada PLN yang terus berupaya menjaga kehandalan pasokan energi listrik untuk bagaimana listrik terus menyala.

“Semoga petugas PLN selalu sehat, bekerja dengan baik dan pasokan energi listrik terus handal, listrik terus menyala, masyarakat nyaman beraktivitas termasuk kenyamanan saat bulan puasa, perayaan Paskah 2024 dan Idul fitri 1445H,” ungkap Philip. (Humas PLN)