Ketum PKN Anas Urbaningrum Sebut Pilpres 2024 Berpeluang Dua Putaran

Ketua Umum PKN Anas Urbaningrum (Foto: Ama Beding)

Kupang, KN – Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Anas Urbaningrum menyebut Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berpeluang dua putaran.

Hal ini disampaikan Anas Urbaningrum saat konsolidasi politik bersama kader PKN daratan Pulau Timor di Kupang, Rabu (7/2/2024).

“PKN akan menentukan pilihan di putaran kedua. Pertanyaannya apakah akan ada putaran kedua? Ya, bisa putaran pertama selesai. Bisa selesai di putaran kedua. Berdasarkan perhitungan politik PKN, peluang untuk dua putaran lebih besar dan lebih terbuka,” ujar Anas saat konsolidasi politik bersama kader PKN daratan Pulau Timor di Kupang, Rabu (7/2/2024)

Meski demikian, Anas menegaskan, untuk Pilpres kali ini PKN belum memutuskan untuk mendukung calon Presiden dan Wakil Presiden manapun.

Ia membeberkan ada 3 alasan PKN belum menentukan pilihannya pada Pilpres kali ini. Pertama adalah PKN belum bisa menjadi partai pengusung calon Presiden.

BACA JUGA:  VBL Nyatakan Tidak Maju di Pilkada 2024

Kedua, Pilpres 2024 dilaksanakan bersamaan dengan pemilihan legislatif. Sehingga PKN masih fokus pada Pemilu legislatif. “Jadi bagi PKN musim pertama ini, prioritasnya adalah berhasil di Pemilu legislatif,” tegas Anas.

Alasan ketiga PKN belum menentukan pilihannya, adalah karena PKN ingin agar kader-kader PKN mengerti persis pasangan calon dengan seluruh pikirannya.

“Sehingga kelak ketika PKN menentukan pilihannya, dasarnya bukan hanya melihat sosoknya. Tapi seluruh kader mengerti persis sosok, pikiran, gagasan, dan porgram-program untuk masa depan Indonesia,” ungkap Anas Urbaningrum.

Ia menambahkan, PKN akan menentukan pilihannya jika Pilpres 2024 berjalan dua putaran.

“Nanti pada puratan kedua, ketika tidak ada lagi urusan dengan Pileg, seluruh kader dan pejuang PKN akan fokus di satu titik mendukung Capres dan Cawapres tertentu,” pungkas Anas. (*)