Bawaslu Manggarai Didesak Tindak Tegas Oknum ASN yang Hadiri Kampanye Ganjar Pranowo

Ilustrasi ASN berpolitik. (Foto: Istimewa)

Ruteng, KN – Kehadiran oknum ASN dalam kegiatan kampanye akbar calon Presiden Ganjar Pranowo di Stadion Golodukal, Kabupaten Manggarai, NTT memantik beragam reaksi dari masyarakat.

Ketua DPD II Partai Golkar Manggarai Yoakim Jehati menyayangkan kehadiran oknum ASN tersebut.

Ia menyebut, meski sudah ada aturan yang mengikat, namun oknum ASN tersebut tetap saja nekat menabrak aturan.

“Sangat disayangkan kalau masih ada para ASN yang masih berani menabrak aturan, dan tidak mampu menjaga netralitasnya dalam pemilu 2024,” kata Yoakim kepada wartawan, Jumat (26/01/2024) malam.

Ia kembali mengingatkan bahwa, sebagai pelayan publik, para ASN diharapkan mampu menahan diri dan tidak perlu terlibat dalam politik praktis.

“Sesuai yang diamanatkan dalam UU No. 20 tahun 2023 tentang ASN beserta aturan turunannya. Kalau mau terlibat penuh dalam politik praktis, maka harus berani mengundurkan diri dari ASN,” tegasnya.

BACA JUGA:  Kejari dan Pemkab Manggarai Tandatangani MoU Penertiban Aset

Yoakim meminta kepada Bawaslu Manggarai untuk benar-benar bekerja dan merespons setiap temuan lapangan, apabila ada para ASN yang terlibat dalam kampanye Pemilu 2024.

“Saya percaya teman-teman Bawaslu Kabupaten Manggarai, memiliki sumber daya yang cukup dalam melakukan pemantauan lapangan dan menindak tegas para ASN yang terlibat,” tandasnya

Ia menambahkan, kalau kasus ini dibiarkan, maka akan menjadi preseden buruk dalam penerapan aturan dan Bawaslu gagal dalam menjalankan fungsinya. (*)