Gibran Rakabuming Raka Serap Aspirasi Anak Muda dan Komunitas Kreatif di Labuan Bajo

Gibran Rakabuming Raka Serap Aspirasi Anak Muda dan Komunitas Kreatif di Labuan Bajo. (Foto: Istimewa)

Labuan Bajo, KN – Calon Wakil Presiden 2024 Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Sabtu 30 Desember 2023.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah bertemu dengan komunitas kreatif yang digawangi anak-anak muda.

Melalui pertemuan tersebut, Gibran tidak hanya melihat karya-karya yang telah dihasilkan, tetapi juga mendengar serta menyerap aspirasi para penggerak komunitas kreatif agar lebih berkembang di masa mendatang.

Dikemas dengan tajuk “Gibran Mendengar”, puluhan peserta hadir mewakili berbagai komunitas kreatif, start up, UMKM lokal, kreator konten, dan lain-lain.

Menurut Gibran, kehadirannya di Labuan Bajo menjadi bentuk kepedulian untuk memperhatikan potensi untuk memajukan wilayah Indonesia timur khususnya melalui industri kreatif.

Gibran ingin sekali melihat karya anak-anak muda dari Labuan Bajo khususnya dan NTT umumnya bisa menjadi pengungkit kemajuan ekonomi di daerah.

“Ada banyak kreativitas anak-anak muda di Labuan Bajo,” kata Gibran Rakabuming Raka, usai acara yang berlangsung di Escape Labuan Bajo itu.

Ia mengaku ada sejumlah persoalan yang juga terungkap dalam pertemuan kali ini, baik terkait ekonomi kreatif, pertanian maupu promosi wisata.

BACA JUGA:  PAN Pilihan Pertama Orias dan Sebastian Mendaftar untuk Maju Pilkada NTT 2024

“Ada beberapa masalah yang coba kami tampung, kami akan cari solusinya, seperti terkait ekonomi kreatif, pertanian, promosi wisata, hingga soal tiket pesawat yang mahal,” ujarnya.

Ada pula tantangan lainnya, misalnya terkait pasokan bahan kebutuhan hotel dan restoran di Labuan Bajo yang kebanyakan masih dari luar. Gibran sepakat agar kebutuhan pokok ini bisa disiapkan oleh masyarakat lokal.

“Kita mendorong semua restoran di Labuan Bajo ini agar wajib menggunakan pangan lokal. Ini penting untuk mendukung petani kita menikmati kemajuan pariwisata,” tutur Gibran.

Pada kesempatan tersebut, Gibran yang hadir bersama istrinya Selvi Ananda, dikenakan songket, selendang, hingga topi khas Manggarai.

Gibran juga meluangkan waktu untuk menikmati live music berupa pementasan Musik Sasando oleh Jeagril Pah didampingi Kamus Band, hingga hingga memborong produk UMKM lokal yang dipamerkan di lokasi acara.

Adapun perwakilan UMKM yang hadir dalam acara ‘Gibran Mendengar’ kali ini di antaranya perwakilan dari Data Bajo Coffee, Desa Wisata Bajo, Dapur Tara, Pengusaha Air Minum, Komunitas Fotografi, hingga mantan pemain PSS Sleman yang menjadi pengusaha kuliner di Labuan Bajo. (*)

error: Content is protected !!