Bank NTT Cabang Ruteng dan Pemkab Manggarai Luncurkan Pembayaran Pajak Lewat QRIS

Kegiatan launching pembayaran pajak secara online Pemkab Manggarai bersama Bank NTT. (Foto: Yhono Hande)

Ruteng, KN – Bank NTT Cabang Ruteng bersama Pemerintah Kabupaten Manggarai (Pemkab) melaunching Pembayaran pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Pembayaran bisa dilakukan melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada aplikasi B Pung Mobile Bank NTT.

Kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan pencanangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Sadar Pajak Kabupaten Manggarai ini, berlangsung di kantor Bupati Manggarai, Jumat 10 Juli 2023.

Kegiatan ini bertajuk “ASN Garda Terdepan Dalam Mewujudkan Masyarakat Peduli Pajak”, dan bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran PBB-P2.

Acara ini digelar juga untuk mengedukasi masyarakat agar lebih paham menggunakan sistem pembayaran non tunai.

Kepala Bank NTT Cabang Ruteng Romi Radjalangu mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah inovasi dari Bank NTT untuk mempermudah pembayaran pajak PBB-P2 bagi seluruh masyarakat di kabupaten Manggarai.

Romi menjelaskan, pada tahun sebelumnya, pihaknya telah meluncurkan sistem pembayaran pajak secara online. Sehingga saat ini pembayaran pajak bisa dilakukan melalui aplikasi QRIS.

“Pembayaran ini juga bisa dilakukan pertama secara manual di seluruh kantor Bank NTT di Manggarai, kedua bisa juga dibayar di seluruh kantor Bank NTT yang ada di NTT melalui online dan sekarang melalui aplikasi QRIS,” ungkapnya kepada sejumlah wartawan.

Inovasi ini kata dia, merupakan bukti kerja keras Bank NTT untuk mendukung Pemkab Manggarai dalam meningkatkan PAD dan kesejahteraan masyarakat.

“Harapannya tentu PAD di kabupaten Manggarai dapat meningkat dan kesejahteraan, sehingga lebih banyak lagi masyarakat Manggarai memanfaatkan Bank NTT,” katanya.

Sebab menurut Romi, dengan bertransaksi di Bank NTT itu sama dengan membangun NTT.

BACA JUGA:  Heboh! Video Mesum Diduga Pejabat Sabu Raijua Beredar di Media Sosial

“Pemanfaatan QRIS sendiri sudah meningkat yang cukup signifikan, buktinya sekarang kita punya 900-an agen dia bisa dan 60 agen be ju bisa (tersebar di seluruh kabupaten Manggarai), ini juga dapat melakukan pembayaran PBB-P2 ini sehingga masyarakat tidak perlu diragukan lagi,” ujarnya.

Sementara Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Kaban Pendapatan Kabupaten Manggarai Charles Rihi dalam kegiatan launching itu menyampaikan, BPD atau Bank NTT telah menyediakan loket untuk pembayaran.

“Pembayaran boleh dengan menggunakan aplikasi QRIS yakni menggunakan mobil banking Bank NTT atau Bank lainnya atau bisa juga melalui Tunai lewat ATM. Sedangkan untuk masyarakat biasa akan dilakukan pendekatan sosialisasi melalui media massa baik online dan secara langsung (kecamatan dan desa) sehingga masyarakat bisa paham untuk pembayaran PBB-P2 ini,” jelasnya.

Dengan demikian, Charles menyampaikan terima kasih kepada Bank NTT yang telah membantu pemerintah dalam proses transaksi pembayaran pajak itu.

“Tentu kami ucapkan terima kasih kepada bank NTT, artinya dengan adanya kegiatan ini tentu mendukung Pemkab Manggarai untuk membantu dan memperlancar juga mempermudah dalam sistem pembayaran pajak,” ucapnya.

Sehingga ia berharap, dengan penerapan inovasi itu akan ada pengaruh terhadap peningkatan untuk pendapatan daerah melalui pajak-pajak tersebut.

Diketahui, kegiatan peluncuran atau launching pembayaran pajak melalui QRIS ini dibuka Wakil Bupati Manggarai Herybertus Ngabut, yang dihadiri oleh Sekda Manggarai, Pejabat Eselon II dan pejabat-pejabat yang lainnya, serta manajemen Bank NTT cabang Ruteng. (*)