IKML Kupang Cup I di Desa Lembur Bangkitkan UMKM

IKML Kupang Cup I di Desa Lembur Bangkitkan UMKM. (Foto: Hendra)

Borong, KN – Turnamen bola kaki dan bola voli yang digelar oleh Ikatan Mahasiswa Lembur (IKML) Kupang Cup I yang diselenggarakan di, Desa Lembur Kecamatan Kota- komba, Kabupaten Mnggarai Timur.

Terdapat 30 tim kesebelasan bola kaki, 10 tim bola voli putra dan 12 tim bola Voli putri yang akan siap berlaga.

Ketua Panitia, Carles Saleris mengatakan bahwa turnamen tersebut melibatkan beberapa desa dari kecamatan Kota Komba.

“Ada 10 desa sedangkan dari Kota Komba Utara ada 2 Desa yang diundang,” katanya, baru-baru ini.

Kata Charles, gelaran itu disambut dengan meriah oleh masyarakat Desa Lembur terlebih lagi momen itu turut membantu Usaha Kecil Mikro dan Menengah masyarakat.

Turnamen ini dibuka secara resmi oleh Bapak Kepala Desa Lembur pada Minggu (25/06/2023), di Lapangan Rende, Desa Lembur, Kecamatan Komba, Kabupaten Mnggarai Timur.

Ada ratusan masyarakat yang menyaksikan pertandingan yang melibatkan antara desa.

“Sejak dulu permainan Bola Kaki dan bola Voli menjadi olahraga yang digemari oleh masyarakat. Sehingga pertandingan ini selalu meriah,” kata Charles.

BACA JUGA:  Keluarga Bani Menang Putusan, PN Oelamasi Eksekusi 3 Rumah di Nekamese

Dia merinci pertandingan ini untuk bola voli putra dan putri merebut juara 1-3 sedangkan bola kaki rebut juara 1-4.

“Sehingga piala yang disediakan terdapat 10 piala. Peserta turnamen ini adalah tim putra dan putri dari tingkat remaja sampai dengan tingkat orang tua yang memiliki bakat. Turnamen ini berlangsung hingga Juli 2023. Sedangkan jadwal pertandingannya telah ditentukan oleh panitia pertandingan,” ujarnya.

Kepala Desa Lembur, Yohanes Baos dalam sambutannya pada pembukaan turnamen menyatakan bahwa diri merasa seperti dengan gelaran ini masyarakat turut merasa diuntungkan.

Yohanes bangga atas semangat dan kekompakan IKML Kupang.

Turnamen ini, kata Yohanes merupakan salah satu cara meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya pedagang kaki lima di Desa Lembur.

“Turnamen bola ini sangat menguntungkan masyarakat Desa Lembur khususnya pedagang kaki lima yang selama ini hanya berjualan di rumah ataupun kios. Namun dengan adanya turnamen ini dapat mendirikan lapak untuk berjualan, ini tentunya membawa keuntungan bagi mereka,” ujarnya.

Penulis : Melania Ja
Prodi : PBSI, UNFLOR