Dapat Fasilitas Gedung Poned, Kapus Alak Apresiasi Perhatian Pemkot Kupang

Peresmian gedung Poned Puskesmas Alak (Foto: Istimewa)

Kupang, KN – Kepala Puskesmas Alak dr. Panondang Panjaitan, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kota Kupang dan Dinas Kesehatan.

Menurutnya, membangun Gedung Poned yang diresmikan belum lama ini, sangat membantu untuk menunjang pelayanan kesehatan di Pusksesmas Alak.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemkot Kupang dan Dinkes yang sudah memberikan gedung Poned ini. Kami berharap, pelayanan kesehatan bisa berjalan dengan baik, sehingga harapan masyarakat memiliki fasilitas kesehatan yang aman dan nyaman bisa terakses dengan mudah di Puskesmas Alak,” kata dr. Panondang Panjaitan kepada KORANNTT.COM belum lama ini.

Ia menyampaikan, dengan gedung yang baru ini masyarakat diimbau untuk bisa bekerja sama dengan lintas sektor, agar jika ada ibu hamil, jangan dibiarkan bersalin di rumah.

“Karena risiko kematian ibu dan bayi itu lebih tinggi. Sehingga kita berharap untuk menurunkan risiko kematian ibu dan bayi, semua ibu hamil diharapkan bisa memeriksa kehamilan di Puskesmas dan bersalin di fasilitas kesehatan ini,” jelasnya.

BACA JUGA:  Pemkot Kupang Mulai Bangun Huntap Untuk Relokasi Korban Badai Seroja

Dikatakan dr. Panondang Panjaitan, sumber daya manusia di Puskesmas Alak sangat siap untuk memberikan pelayanan kepada ibu hamil. Karena sudah dibekali dengan pelatihan-pelatihan Poned, dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

“Dengan pelatihan-pelatihan itu, kita sudah bisa melayani obsetri, neonatal dan emergency dasar,” ungkapnya.

dr. Panondang Panjaitan berharap, ibu hamil yang ingin melahirkan dan dalam keadaan normal serta tidak bersifat emergency, tidak perlu jauh-jauh ke rumah sakit. Tetapi bisa langsung ke Puskesmas Alak.

“Puskesmas Alak melayani semua pasien. Tapi wilayah kerja kita ada di 6 kelurahan, yakni Kelurahan NBD, NBS, Namosain, Nunhula, Penkase, dan Alak,” pungkasnya. (*)