Dilantik Jadi Pj Bupati Lembata, Matheos Tan Ingatkan ASN Jaga Netralitas

Matheos Tan akan menjabat sebagai Penjabat Bupati Lembata hingga 25 Mei 2024.

Pj Bupati Lembata Matheos Tan bersama istri. (Foto: Istimewa)

Kupang, KN – Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Kemendagri RI Matheos Tan, resmi dilantik menjadi Penjabat Bupati Lembata.

Matheos Tan dilantik oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat di Aula El Tari Kupang, Kamis 25 Mei 2023. Matheos Tan akan menjabat sebagai Penjabat Bupati Lembata hingga 25 Mei 2024.

Pasca dilantik menjadi Pj Bupati Lembata, Matheos Tan menegaskan agar ASN di Kabupaten Lembata, harus menjaga netralitas jelang tahun politik.

“ASN tentu harus netral. Kita menjaga agar harus kerja sesuai dengan birokrasi. Ada hak, kewajiban, tugas, dan tanggung jawab. Tidak boleh berdiri pada salah satu, tapi untuk semua. Netralitas itu menjaga agar harus murni,” kata Matheos Tan kepada wartawan, usai dilantik menjadi Penjabat Bupati Lembata.

BACA JUGA:  Potret Toleransi Taman Doa Sta. Maria Imakulata yang Didukung Penuh Dirut Bank NTT

Selain ASN, Matheos menjelaskan, masyarakat di Kabupaten Lembata juga harus siap secara psikologis menghadapi Pilpres, Pileg dan Pilkada pada 2024 mendatang.

Ia menyampaikan, salah satu fokus yang akan dikerjakan dalam waktu dekat, yakni mempersiapkan agenda politik pada tahun 2024, agar berjalan dengan baik.

“Tidak boleh ada konfilk kepentingan. Kita menjaga agar stabilitas politik dan keamanan berjalan dengan baik,” tegasnya.

Pj Bupati Lembata menyebut, program kerja yang telah direncanakan oleh pemerintah sebelumnya akan dilanjutkan.

Ia bersama para pimpinan perangkat daerah akan bekerja sesuai dengan RKPD, atau Rencana Kerja Perangkat Daerah.

“Tahun sekarang, saya harus melanjutkan, karena RKPD adalah dasar bagaimana kita melaksanakan program yang ada,” ucapnya. (*)