Jadi Keynote Speaker Webinar Rebranding KORPRI Melalui Media, Ini Arahan Prof. Zudan

Webinar rutin diselenggarakan setiap selasa oleh DP KORPRI Nasional.

Webinar Rebranding KORPRI Melalui Media. (Foto: HUMAS SETJEN DPKN)

Jakarta, KN – Webinar KORPRI Menyapa ASN kembali hadir di seri ke-14 dengan mengangkat tema “Rebranding KORPRI melalui Media” yang diselenggarakan secara virtual pada Selasa 23 Mei 2023.

Webinar yang setiap selasa rutin diselenggarakan oleh DP KORPRI Nasional ini, menghadirkan Ketua Umum DP KORPRI Nasional, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH, sebagai Keynote Speech dan narasumber Yuswohady, Pakar Bisnis dan Pemasaran, Elba Damhuri, Jurnalis Senior Republika, serta dimoderatori oleh Ferdinandus Setu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Ketum KORPRI dalam keynote speechnya mengajak seluruh ASN untuk memanfaat webinar ini dengan sebaik-baiknya, karena semua ASN baik di daerah maupun di pusat memiliki produk yaitu pekerjaaan yang dikerjakan setiap harinya, maka sebagai penyelenggara pemerintahan produk-produk tersebut harus dibranding. Agar ekonomi dan pelayanan publik dari daerah sampai pusat, terbranding dengan baik, sehingga nanti pada hilirnya akan membangun branding ASN, ASN yang gesit, ASN yang ramah dan ASN yang memberikan pelayanan publik dengan prima dan seterusnya.

Narasumber pertama, Yuswohady memaparkan bahwa era digitalisasi sekarang yang sangat gampang melakukan branding adalah melalui sosial media. ASN atau institusi pemerintah tidak beda dengan branding bisa dipakai untuk produk, bisa dipakai untuk perusahaan, institusi, kota dan negara, bahkan untuk orang.

“Dalam hal KORPRI, branding dapat dilihat dari sisi institusinya, yaitu KORPRInya, juga bisa dari sisi ASNnya. Branding adalah mengulang-ulang atau tidak bosan,” ujar Yuswohady.

BACA JUGA:  Pengembangan PLTP Ulumbu 5-6 di Poco Leok: Energi Bersih Bekal Transisi Energi

Yoswohardy melanjutkan, membentuk branding yang simpel melalui sosial media, dibagi menjadi tiga, pertama Why, Rebranding matters, dalam rebranding ada yang lama dan baru jadi harus mencari hal baru. What, Element of Personal Branding, adalah pilih elemen branding yang mau dimasukkan ke otak publik, harus dilakukan terus-terusan, berulang-ulang dan konsisten. How, Social Media Branding, apa yang mau diomongkan dan memakai sosial media apa.

Sementara itu, jurnalis dan bloger, Elba Damhuri, memaparkan secara gamblang teknik menulis yang baik. Karena menurutnya, salah satu teknik yang paling efektif dalam branding, adalah menulis, karena dengan tulisan bisa memperkuat branding dan merubah personal identity serta memperkuat arah sebuah institusi.

Menulis, kata Elba sama dengan belajar bahasa Indonesia, Teknik dasarnya adalah S+P+O+K, semua karya tulis basis dasarnya adalah Subyek, Predikat, Obyek dan Keterangan. Kalau ingin menulis sesuatu, bisa disederhanakan dengan rumus SPOK ini.

Menurut pengalaman, hal yang paling sulit dilakukan dalam hal menulis adalah menulis kalimat pertama dan membuat judul. Tetapi ketika sudah terbiasa menulis dengan SPOK ini hal tersebut tidak lagi menjadi sulit. Kalimat pertama menjadi kunci, harus ditulis menarik agar pembaca tertarik membaca kalimat berikutnya. (HUMAS SETJEN DPKN)