Kunker di Labuan Bajo, Kabasarnas Cek Kesiapan Pengamanan KTT ASEAN

Kunjungan ini dalam rangka pengecekan kesiapan personil Kantor SAR Maumere dan Pos SAR Manggarai Barat serta Alut, dalam mendukung pengamanan KTT ASEAN.

Kabasarnas cek kesiapan pengamanan KTT ASEAN (Foto: Dok. Basarnas)

Labuan Bajo, KN – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabsarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi melaksanakan Kunjungan Kerja di Labuan Bajo, Minggu 5 Mei 2023.

Kunjungan ini dalam rangka pengecekan kesiapan personil Kantor SAR Maumere dan Pos SAR Manggarai Barat serta Alut, dalam mendukung pengamanan KTT ASEAN.

“Kepada seluruh personil yang ikut terlibat dalam pelaksanaan KTT ASEAN terkhusus pada Satgas Pelabuhan, dan Satgas Udara, junjung jiwa disipilin serta tingkatkan koordinasi dan sinergitas dalam mengemban tugas tersebut,” ungkap Kabasarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi.

Ia menjelaskan, alut yang terlibat dalam Satgas Pelabuhan Kegiatan KTT ASEAN dari Basarnas, yaitu 2 unit RIB Pos SAR Manggarai Barat, yang siap ditempatkan di Pelabuhan Marina dan Dermaga Wae Kelambu.

BACA JUGA:  Breaking News: Pesawat Sriwijaya Air Rute Jakarta-Pontianak Hilang Kontak

“Dalam Satgas Udara, Basarnas mengerahkan Alut Heli Dauphin HR 3606 Basarnas yang berada di Helipad Plataran Komodo,” pungkas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi.

Untuk diketahui, KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 9-11 Mei 2023. KTT ASEAN ke-42 akan dihadiri oleh kepala negara dari 10 Negara yakni Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Sedangkan Myanmar sesuai keputusan petinggi negara-negara ASEAN tidak diundang dalam kegiatan kali ini. (*/KN)