Kupang  

Kunker Bupati Kupang di Semau, Tinjau Objek Wisata Hingga Resmikan Pasar Rakyat

Kunjungan ini dalam rangka meresmikan Lapak atau Pasar rakyat yang ada di Desa Letbaun dan peletakan batu pertama objek wisata rakyat.

Bupati Kupang tinjau produk Bumdes di Desa Letbaun, Kecamatan Semau. (Foto: Dok. Prokompim Kabupaten Kupang)

Oelamasi, KN – Bupati Kupang Korinus Masneno melaksanakan kunjungan kerja ke Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, Sabtu 6 Mei 2023.

Kunjungan ini dalam rangka meresmikan Lapak atau Pasar rakyat yang ada di Desa Letbaun dan peletakan batu pertama objek wisata rakyat.

Sebelum sampai di Letbaun, Bupati Korinus Masneno menyempatkan diri mengunjungi desa lainnya di Kecamatan Semau.

Dilansir dari Siaran Pers Bagian Prokompim Kabupaten Kupang, kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Kupang ini dinantikan oleh para guru dan siswa SD di beberapa sekolah di Semau.

Lokasi pertama yang disinggahi Bupati Masneno adalah objek wisata gua alam “Lea Talae” di Dusun 5, Oesemuk, Kecamatan Semau.

Bupati Kupang disambut baik tokoh masyarakat setempat. Potensi wisata tempat ini belum secara luas diketahui publik, dan pejabat daerah pertama yang berkunjung ke lokasi wisata ini adalah Bupati Masneno.

Demikian yang dijelaskan tokoh adat Petrus Sindelu. Hal yang menarik dari tempat ini adalah dinding batu dalam gua tersebut, ada sebagian bebatuan yang terlihat mengkilap seperti permata. Pengunjung bisa gunakan ponsel atau alat bantu terang lainnya untuk dapat melihat kilauan batu ini.

Tak hanya itu, air bersih dalam gua tersebut, sering masyarakat setempat manfaatkan sebagai tempat pemandian. Hanya sumber mata air dalam gua tersebut belum diketahui secara pasti dari mana asalnya. Namun nampak tetesan kecil air, menetes dari sela-sela atas batuan.

Bupati Masneno bersama rombongan kemudian melanjutkan perjalanan, dan singgahi SD Negeri Hansisi Jalan Oesemuk. Kepada pihak sekolah, Bupati katakan akan memberikan semangat dan motivasi kepada para guru agar memberikan pelayanan pendidikan terbaik kepada anak didik.

“Anak-anak ini adalah generasi penerus yang perlu kita perhatikan dan didik dengan baik,” pesannya. Terhadap beberapa sarana prasarana yang ada Bupati Masneno nyatakan akan menjadi perhatian dan menugaskan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk menginventarisir untuk dibantu.

BACA JUGA:  Tinus Tanaem Akhirnya Buka Suara ke Media, Ini yang Disampaikan

Selanjutnya rombongan menuju Objek wisata Kolam pemandian Uiasa, Desa Uiasa, Kecamatan Semau untuk beristirahat sejenak.

Bupati Masneno mengapresiasi semangat masyarakat Uiasa yang merawat kolam tersebut secara baik dan menjadi lokasi wisata yang nyaman dikunjungi. Masneno berharap potensi-potensi wisata ini dapat dikembangkan menjadi tujuan wisata lainnya yang dapat dikunjungi oleh wisatawan saat ke pulau Semau selain lokasi wisata unggulan lain yang sudah ada.

Beralih dari situ, Bupati Masneno dan rombongan singgah di SD Negeri Letbaun dan berjabat tangan serta berfoto dengan guru dan siswa SD.

Masneno juga melihat kondisi-kondisi ruangan dan menanyakan jumlah guru, anak didik dan sarana prasarana yang ada. Terhadap kebutuhan perpustakaan di sekolah tersebut dirinya janjikan akan dibangun.

Lokasi selanjutnya bersama rombongan dirinya menuju lokasi kegiatan peresmian Lapak atau Pasar Rakyat Desa Letbaun Kecamatan Semau. Di tempat itu, Bupati dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Semau yang berkenan menunggu kehadirannya.

“Kades (Letbaun) ini adalah anak muda yang punya kreasi bagus yang berkenan memimpin desa ini menuju ke arah yang lebih baik. Salah satu bukti nyata adalah pembangunan lapak atau pasar rakyat yang diresmikan hari ini. Masyarakat desa bisa pasarkan produk lokalnya di sini. Belum semua desa di Kabupaten Kupang mampu membangun lapak seperti ini. Dan ini satu-satunya Desa di Kabupaten Kupang yang alokasikan dana kurang lebih Rp21 Huta untuk bangun lapak seperti ini. Ini perlu ditiru oleh Kades lainnya di Kabupaten Kupang,” ucap Korinus Masneno.

Tak hanya itu, Bupati Masneno juga sampaikan terima kasihnya kepada Kades Letbaun Carlens Bising untuk penanganan Stunting di Desa ini yang sangat baik.